Kamis, 25 April, 2024

Mayjen Ali: Tetap Tingkatkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat

Selain itu, tetap pelihara disiplin, loyalitas, soliditas dan kebersamaan.

MONITOR, Manokwari – Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasad, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra, meminta kepada seluruh prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari untuk terus memelihara dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

Hal ini diungkapkan oleh Ali saat memberikan sambutan pada acara Apel Bersama dalam rangka penyambutan dan pelepasan Pangdam XVIII/Kasuari di lapangan upacara Makodam XVIII/Kasuari, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Senin (14/9/2020).

Kepada segenap warga Kodam XVIII/Kasuari, Ali juga berpesan, yang pertama dan utama adalah terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian tetap memelihara kedisiplinan, loyalitas, soliditas dan kebersamaan sebagai nilai-nilai hakiki dalam tradisi keprajuritan TNI AD.

“Selanjutnya tetap pelihara dan tingkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat, tumbuh kembangkan nilai-nilai profesionalisme keprajuritan dan jaga kesehatan sebagai modal dasar bagi prajurit dalam menjalankan tugas,” ungkap Ali yang juga mantan Pangdam XVIII/Kasuari dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Senin (14/9/2020).

- Advertisement -

Ali mengaku percaya, dukungan dari seluruh Prajurit dan PNS sangat besar artinya bagi kelancaran pelaksanaan tugas pokok Kodam XVIII/Kasuari, khususnya dalam mendukung pelaksanaan tugasnga selaku Pangdam XVIII/Kasuari yang telah berlangsung selama kurang lebih empat bulan.

“Saya berharap agar hubungan yang sudah terjalin baik selama ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan demi tercapainya  kesuksesan dan keberhasilan dalam mengemban tugas-tugas TNI AD khususnya Kodam XVIII/Kasuari di masa mendatang,” ujarnya.

Di hadapan ratusan Prajurit TNI AD jajaran Kodam XVIII/Kasuari, para pejabat Kodam, dan para tokoh masyarakat, adat & Kepala Suku wilayah Papua Barat, Ali menyadari keterbatasan dan kekurangan yang ada, namun berkat dukungan dari seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS warga Kodam XVIII/Kasuari, seluruh tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya selama ini dapat terlaksana dengan baik.

“Keberhasilan yang telah dicapai Kodam XVIII/Kasuari merupakan hasil kerja keras kita bersama. Oleh karena itu, sekali lagi saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Prajurit dan PNS jajaran Kodam XVIII/Kasuari yang telah mendukung pelaksanaan tugas saya sebagai Pangdam XVIII/Kasuari selama ini, serta mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan di hati para Pajurit dan PNS sekalian,” katanya.

Pada kesempatan berikutnya, saat memberikan sambutannya pada kegiatan Apel Bersama tersebut, pejabat baru Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengungkapkan bahwa Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra merupakan salah satu putra terbaik dari tanah Papua Barat yang berkarir di dunia militer. 

“Ketulusan pengabdian dan dedikasi yang tinggi telah mampu diwujudkan oleh beliau. Hal ini perlu dijadikan teladan, khususnya oleh seluruh Prajurit dan PNS Kodam XVIII/Kasuari. Selama memangku jabatan sebagai Pangdam XVIII/Kasuari, beliau sangat konsisten terhadap penegakan disiplin, loyalitas, kinerja satuan dan profesionalisme dengan kompleksitas permasalahan yang sangat dinamis di wilayah Papua Barat,” ungkapnya.

Menurut Cantiasa, salah satu komitmen penting yang mampu diaktualisasikan oleh Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra adalah komitmennya untuk selalu menumbuhkembangkan jiwa korsa, rasa kebersamaan dan kreativitas para Perwira dan warga Kodam XVIII/Kasuari.

“Walaupun beliau memimpin Kodam XVIII/Kasuari dalam waktu relatif singkat, namun telah banyak kegiatan yang dilahirkan dari ide-ide kreatif beliau yang perlu terus kita lanjutkan dan kita tingkatkan,” ujarnya.

Untuk itu, berkenaan dengan berakhirnya tugas Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra di Kodam XVIII/Kasuari, atas nama pribadi dan selaku Pangdam serta sekaligus mewakili segenap Prajurit dan PNS, Cantiasa pun mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas darma bakti dan karya nyata dalam membangun dan membesarkan Kodam XVIII/Kasuari sehingga menjadi satuan yang dapat dibanggakan.

Sebelum Apel Bersama yang dilanjutkan dengan acara pelepasan dan pengantaran mantan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra beserta istri hingga di ujung Markas Kodam XVIII/Kasuari, didahului dengan acara penyambutan pejabat baru Pangdam XVIII/Kasuari dan Ketua Persit KCK Pengurus Daerah (PD) XVIII/Kasuari.

Acara diawali dengan pengalungan bunga oleh Kasdam XVIII/Kasuari dan pemasangan Topi Adat serta penyerahan Panah Tradisional oleh Tokoh Adat Suku Arfak, Obeth Ayokh, yang mengawali prosesi tradisi penyambutan dan bentuk ungkapan selamat datang kepada pejabat Pangdam XVIII/Kasuari yang baru di Markas Kodam XVIII/Kasuari sekaligus di wilayah Provinsi Papua Barat.

Kemudian Pangdam dan Ketua Persit KCK PD XVIII/Kasuari diarak menuju ke gedung utama Makodam dengan iringan lagu ‘Selamat Datang Pahlawan Muda’ dan dilanjutkan penciuman pataka Kodam XVIII/Kasuari, serta diakhiri dengan ‘Ucapan Selamat Datang’ dari Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Ferry Zein.

Selesai acara tradisi, dilaksanakan entry briefing Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa bertempat di ruang Yudha Makodam XVIII/Kasuari yang diikuti Kasdam XVIII/Kasuari, Danrem 181/PVT, Irdam, Kapok Sahli Pangdam, Danrindam, LO AL dan LO AU, para Asisten dan Kabalakdam, serta para Dandim, Danyon dan Danden jajaran Kodam XVIII/Kasuari.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER