TNI Benarkan Kecelakaan Tank Menabrak Gerobak Gorengan

Tank itu adalah ranpur dari Yonkav 4/Kijang Cakti

Tangkapan layar dari video tank menabrak gerobak pedagang gorengan dan sejumlah motor di Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (10/9/2020). (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) III/Siliwangi, Kolonel Inf FX Sri Wellyanto Kasih, membenarkan video kecelakaan yang viral tentang sebuah tank menabrak gerobak pedagang gorengan dan beberapa sepeda motor di Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (10/9/2020).

Welly mengungkapkan bahwa tank tersebut adalah inventaris alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari satuan Batalyon Kavaleri (Yonkav) 4/Kijang Cakti (KC).

“Benar kejadiannya kecelakaan ranpur (kendaraan tempur) tank ya dari Yonkav 4 yang sedang laksanakan UST, Uji Siap Tempur tingkat kompi mulai dari tanggal 8 (September 2020),” ungkapnya kepada wartawan saat dihubungi, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Sementara terkait kronologisnya sendiri, menurut Welly, sebagaimana terlihat dalam video yang beredar bahwa tank tersebut sedang melakukan manuver berbelok namun kemudian tiba-tiba saja menabrak gerobak pedagang gorengan dan sejumlah sepeda motor.

“Kejadiannya ya mungkin yang anda lihat di video seperti itu. Ini pihak POM (Polisi Militer) sedang turun ke TKP (Tempat Kejadian Perkara) untuk melaksanakan penyelidikan,” ujarnya.

Kemudian untuk kerugian, Welly mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa dan hanya sejumlah kerugian materil saja. Menurut Welly, itu pun sudah ditangani oleh Komandan Yonkav 4/KC.

“Tetapi untuk korban, beberapa motor, empat motor dan gerobak tahu. Tidak ada korban jiwa hanya materil saja. Sudah ditangani oleh Danyon, sudah langsung berkoordinasi, musyawarah dan sudah dilakukan ganti rugi,” katanya.

Kendati sudah ada proses ganti rugi, Welly menegaskan, pihak Detasemen Polisi Militer akan tetap melakukan penyelidikan terkait insiden tersebut.

“Betul (penyelidikan tetap dilakukan), karena kan tim sedang turun. Kita masih menunggu proses penyelidikan dari pihak POM. Apakah itu human error ataukah masalah teknis ya,” ungkapnya.

Sekadar informasi, sebelumnya beredar sebuah video yang memperlihatkan insiden kecelakaan tank milik TNI AD menabrak gerobak pedagang gorengan dan sejumlah sepeda motor.

Tank yang mengalami kecelakaan di ruas Jalan Raya Cipatat atau tepatnya depan Polsek Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (10/9/2020), itu ternyata ranpur inventaris milik Yonkav 4/KC.

Dalam video yang berdurasi kurang lebih 19 detik itu menunjukkan ada dua tank yang keluar dari Jalan Saguling, area PLTA Saguling, menuju Jalan Raya Cipatat.

Saat melaju dan melakukan manuver berbelok, tank pertama berhasil melakukannya. Namun, saat tank kedua melakukannya, tank tersebut seperti hilang kendali lalu menghantam gerobak pedagang gorengan dan sejumlah sepeda motor yang sedang parkir di pinggir jalan di sebelah kiri tank tersebut.