Jumat, 29 Maret, 2024

Puan Maharani: Jakob Oetama Sangat Lekat dengan Bung Karno

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan duka mendalam atas wafatnya pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, Rabu (9/9). Ia menyebut Jakob Oetama merupakan tokoh pers yang sangat menginspirasi, memegang teguh integritas pers, dan memiliki keterkaitan sejarah dengan Presiden Sukarno.

“Duka mendalam buat saya, buat kita semua, atas berpulangnya Pak Jakob Oetama, tokoh yang sangat berintegritas dan menginspirasi bagi pers nasional. Selamat jalan, Pak Jakob,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/9).

Puan menambahkan, sosok Jakob Oetama sangat melekat dengan Bung Karno sebagai sosok yang memberikan nama Kompas pada 1965.

“Waktu itu Bung Karno mengatakan “Tahu apa itu kompas? Pemberi arah dan jalan dalam mengarungi lautan dan hutan rimba’” ungkap Puan, mengutip ucapan Bung Karno.

- Advertisement -

Puan juga mengungkapkan bahwa Jakob Oetama adalah figur teladan dan mampu menginspirasi semua insan pers Indonesia. Konsistensi Jakob Oetama dalam memegang jurnalisme yang benar dan berimbang, menjadi bukti bahwa pers berperan penting sebagai pilar demokrasi dan media pendidikan bagi masyarakat.

“Pak Jakob konsisten dengan nilai jurnalisme yang dipegangnya, jurnalisme yang berdiri di atas semua golongan, dan berdasarkan kemajemukan Indonesia,” papar politikus PDI Perjuangan ini.

Atas dasar itu, Puan menilai Jakob Oetama sebagai tokoh yang mampu mengimplementasikan Pancasila melalui nilai-nilai yang disebarkan tentang humanisme, edukasi, kebudayaan, dan kecintaan terhadap Tanah Air.

“Pak Jakob Oetama adalah pribadi yang ramah, yang membaktikan hidupnya untuk Indonesia, mengamalkan nilai Pancasila melalui jurnalisme yang damai dan mendidik,”pungkasnya.

Jakob Oetama tutup usia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB.
Jenazah pendiri Kompas Gramedia sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas, Jakob Oetama (88), akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia, Jakarta. Rencananya, jenazah Jakob Oetama akan dimakamkan Kamis (10/9), di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER