Jenderal Andika: Perwira Harus Jadi Contoh dalam Berkeluarga

Para perwira yang baru dilantik memiliki tugas dan tanggung jawab yang lebih besar

Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa, bersama Ketum Persit KCK Hetty Andika Perkasa di acara kelulusan Diktukpa TNI AD TA 2020di lapangan Wiradhika Secapa AD, Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/9/2020). (Dok. Dispenad)

MONITOR, Bandung – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa, meminta kepada para perwira untuk bisa menjadi contoh yang baik bagi anak buahnya, terutama terkait berkeluarga.

Hal itu diungkapkan oleh Andika saat melantik 1198 Perwira lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AD TA 2020 yang terdiri dari 1158 prajurit pria dan 40 prajurit Kowad di lapangan Wiradhika Secapa AD, Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/9/2020).

Andika menyampaikan pesan kepada para perwira bahwa mereka saat ini sudah dilantik menjadi perwira dan memiliki tanggung jawab yang besar atas anggotanya yang lebih banyak jumlahnya.

“Para perwira harus dapat menjadi contoh dalam berkeluarga,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Andika pun berharap agar para perwira harus dapat memandu, mengawasi, mengendalikan dan menyayangi para anak buahnya kelak.

Sementara itu, Ketua Persatuan Istri Prajurit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Hetty Andika Perkasa, pada kesempatan yang sama juga menyampaikan pesan kepada para perwira yang baru dilantik agar selalu mengutamakan keluarga.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad), Brigjen TNI Nefra Firdaus, menjelaskan bahwa Upacara Prasetya Perwira yang dilaksanakan itu merupakan acara puncak setelah sebelumnya Komandan Secapa AD Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menutup Pendidikan Pembentukan Perwira  TNI AD TA 2020 pada Sabtu (25/7/2020) yang lalu.

“Diantara 1198 perwira yang dilantik, dua orang perwira meraih penghargaan Adiwiradhika. Dua perwira berprestasi tersebut adalah Letda Inf Andi Asmara dari  satuan Kodiklatad dan Letda Cpm (K) Aditya Jule Nugrahaeni dari satuan Puspomad,” ujarnya.

Nefra menyampaikan bahwa yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Inf Aminton Manurung yang menjabat sebagai Wakil Komandan Resimen Siswa Secapa AD.

Selain itu, menurut Nefra, pelaksanaan Upacara Prasetya Perwira Diktukpa TNI AD TA 2020 juga dimeriahkan dengan display Drumband Canka Panorama dan dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan Kasad kepada para Perwira lulusan Diktukpa TNI AD TA 2020 serta pelaksanaan video conference secara langsung dengan keluarga para perwira yang baru dilantik.

“Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana berinteraksi langsung dengan segenap keluarga para perwira yang tersebar di 61 titik di berbagai wilayah, antara lain di Secapa AD, Seskoad, Pusdikkes, sembilan Kodam, 42 Korem dan tujuh Kodim,” katanya.

Nefra menambahkan, pelaksanaan video conference yang diselenggarakan di Secapa AD itu berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, sehingga dilaksanakan secara virtual namun tidak mengurangi rasa kekeluargaan dan kebersamaan. 

Sekadar informai, hadir pada upacara tersebut Dankodiklatad, Pangdam III/Slw, Kaskostrad, Wadanpusterad, Wadanpusterad, Para Danpussen Kodiklatad, Aspers Kasad, para Komandan/Direktur/Kepala Balakpus serta para Danpusdik jajaran Kodiklatad.