Survei BI: Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi Terus Membaik

Ilustrasi gambar Bank Indonesia

MONITOR, Jakarta – Survei Bank Indonesia (BI) pada Agustus 2020 menunjukkan keyakinan konsumen dalam negeri terhadap kondisi ekonomi masih berada di zona pesimis (<100). 

Meski demikian, Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menyatakan bahwa indeks terus membaik. Hal itu tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2020 yang sebesar 86,9.

Indeks tersebut lebih tinggi daripada IKK Juli 2020 yang sebesar 86,2. BI dalam pernyataan yang dikutip dari website mereka Selasa (8/9) mengungkap keyakinan konsumen menguat pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp2-4 juta per bulan dan pada responden berusia 20-50 tahun.

Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 8 kota survei, dengan kenaikan tertinggi di kota Surabaya, Manado, dan Denpasar.

BI menyatakan membaiknya keyakinan konsumen pada Agustus 2020 didorong oleh persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Persepsi tersebut terus membaik ditopang oleh meningkatnya keyakinan terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama.

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang cukup optimistis, meskipun melemah dibandingkan dengan ekspektasi pada bulan sebelumnya.

Hal tersebut disebabkan oleh ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha ke depan yang tidak sekuat bulan sebelumnya.