Siap-siap, Bakal Ada Operasi Masker Gabungan di Perbatasan Depok-Jakarta

Ilustrasi: Petugas Razia Masker Kota Depok

MONITOR, Depok – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok bakal menggelar operasi gabungan tertib masker bersama Satpol PP DKI Jakarta. Operasi tersebut akan menyasar warga yang melintas di perbatasan Depok dan Jakarta yang tidak menggunakan masker.

Kepala Satpol PP PP Kota Depok, Lienda Ratnanurdianny menjelaskan, operasi tertib masker ini akan dilakukan pada Sabtu (05/09/2020) besok. Menurutya, hal tersebut sejalan dengan operasi gabungan yang dilakukan Satpol PP Provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Kami akan melakukan operasi gabungan dengan Provinsi Jabar. Lalu untuk menjaga wilayah perbatasan, kami akan berkolaborasi dengan Satpol PP DKI Jakarta,” katanya, Jumat (04/09/2020).

Dijelaskan Lienda, dalam operasi itu akan dilakukan pengawasan dan penindakan bagi pelanggar protokol kesehatan Covid-19 seperti tidak bermasker. Kemudian, agar tidak terjadi tumpang tindih terhadap penindakan pelanggaran, operasi gabungan juga sudah diatur. Apabila pelanggar masuk wilayah Depok maka akan ditindak oleh Satpol PP Depok, begitupun sebaliknya.

“Untuk sanksinya, bagi pelanggar yang masuk wilayah Depok akan ditangani Satpol PP Kota Depok. Yang masuk wilayah Jakarta akan ditangani oleh Satpol PP DKI Jakarta,” ujarnya.

Lienda menambahkan, operasi gabungan itu ke depannya akan terus dilakukan. Tentunya agar masyarakat semakin patuh dalam menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Rencananya akan terus dilakukan agar kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker terus meningkat demi memutus penularan Covid-19,” pungkasnya.