Puan Maharani: Saatnya Benahi Sistem Kesehatan Nasional

Ketua DPR RI, Puan Maharani. (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Gugurnya seratus dokter yang menangani kasus Covid-19 membuat Ketua DPR RI, Puan Maharani, prihatin. Orang nomor satu di jajaran legislator Senayan ini menekankan, sudah saatnya pemerintah menjadikan pandemi Covid-19 sebagai momentum memperbaiki sistem kesehatan nasional.

Puan berharap harus ada terobosan untuk meningkatkan keberadaan dan fungsi infrastruktur kesehatan di Indonesia. Apalagi selama pandemi, Politisi PDI Perjuangan ini mengaku dirinya mendapatkan laporan mengenai penuhnya sejumlah rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

“Puskemas dapat ditingkatkan peran dan fungsinya sebagai garda terdepan dalam memberikan informasi dan mendeteksi gangguan kesehatan masyarakat,” imbuh Puan Maharani, dalam keterangannya.

Atas dasar itulah, kata Puan, melalui fungsi legislasinya, DPR RI bersama pemerintah perlu segera membahas revisi Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular yang sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020-2024.

Legislator dapil Jawa Tengah V ini mengatakan, perbaikan sistem kesehatan nasional, lanjut harus mencakup infrastruktur kesehatan, kemandirian obat dan vaksin, ketersediaan alat kesehatan dan APD, serta peningkatan riset kesehatan sehingga Indonesia akan siap menghadapi pandemi dan masalah kesehatan.