Jumat, 26 April, 2024

Pemprov DKI Siapkan Mobil Lab Percepat Penanganan Covid-19

MONITOR, Jakarta – Kasus covid -19 di Jakarta setiap hari terus mengalami lonjakan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berupaya melakukan penanganan pandemi ini dengan menghadirkan mobil laboratorium atau mobil lab.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Endra Muryanto mengatakan, inovasi mobil laboratorium tersebut dihadirkan untuk membantu mempercepat penanganan pemeriksaan COVID-19 menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di ibu kota.

“Jadi Mobile Lab ini nanti siap untuk melakukan pemeriksaan PCR. Kapasitas tes maksimal per hari 300 sampel. Sampelnya nanti begitu diswab kemudian dilakukan pemeriksaan di dalam laboratorium. Kemudian di Mobile Lab ini akan ada proses mix PCR, dan ekstraksi sampel yang di ruangannya pun sudah negative pressure,” ujar Endra saat ditemui, Selasa (1/9).

Lebih lanjut, Endra menjelaskan, terdapat tiga buah Mobile Lab yang akan selesai dan siap beroperasi pada minggu ke-4 akhir bulan September mendatang. Endra berharap, hadirnya mobil laboratorium tersebut dapat membantu memenuhi kebutuhan tes COVID-19 di DKI Jakarta. Adapun lokasi, jadwal keliling mobil, serta persyaratan bagi warga yang akan melakukan pemeriksaan di Mobile Lab tersebut akan diinformasikan setelah mobil telah memenuhi syarat uji laboratorium.

- Advertisement -

Pemprov DKI Jakarta terus memassifkan tes PCR untuk menemukan kasus baru secara cepat, agar dapat segera melakukan tindakan isolasi / perawatan secara tepat. Sehingga, memperkecil potensi penularan COVID-19.

Diketahui, per 31 Agustus 2020, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan tes PCR sebanyak 5.328 spesimen. Dari jumlah tes tersebut, sebanyak 4.315 orang dites PCR untuk mendiagnosis kasus baru dengan hasil 584 positif dan 3.731 negatif.

“Namun, penambahan kasus di 31 Agustus, totalnya 1.029 kasus, karena sebanyak 445 kasus adalah akumulasi data dari tanggal 28 dan 29 yang baru dilaporkan. Untuk rate tes PCR total per 1 juta penduduk sebanyak 59.713. Jumlah orang yang dites PCR sepekan terakhir sebanyak 56.815,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER