Jadi Irup, Menhan Buka Jenjang Pendidikan di Unhan

Menhan, Prabowo Subianto, saat menjadi Irup di acara pembukaan jenjang pendidikan di Unhan, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/8/2020). (Dok. Humas Unhan)

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Probowo Subianto, menjadi Inspektur Upacara (Irup) Pembukaan Pendidikan S1, S2 dan S3 Universitas Pertahanan (Unhan) Tahun Ajaran (TA) 2020/2021 di Kampus Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/8/2020).

Rektor Unhan, Laksamana Madya (Laksdya) TNI Amarulla Octavian, mengungkapkan bahwa sebanyak 300 Kadet Mahasiswa S1, 251 mahasiswa S2 dan 24 mahasiswa S3 serta para dosen dengan khidmat mengikuti jalannya upacara secara fisik dan secara daring yang tersebar di sejumlah lokasi lingkungan kampus.

“Menhan juga meresmikan pembentukan empat fakultas baru yang membawahi 10 Program Studi (Prodi) S1 sekaligus meresmikan pembentukan Korps Kadet Mahasiswa S1,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Dalam amanatnya, menurut Octavian, Menhan berpesan agar para mahasiswa Unhan benar-benar memanfaatkan kesempatan dan beasiswa yang diberikan oleh negara untuk belajar keras dan memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan Bangsa Indonesia.

“Setelah upacara berlangsung, para Kadet Mahasiswa S1 sempat melaksanakan demostrasi keterampilan militer seperti bongkar pasang senjata baik pistol maupun senapan dengan kondisi mata tertutup dan demonstrasi olahraga beladiri Pencak Silat berupa jurus-jurus perkelahian dan pematahan benda-benda keras,” ujarnya.

Octavian mengatakan, upacara kali ini terasa istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan kehadiran Ketua Dewan Pengarah Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Sukarnoputri yang berkenan menyampaikan Orasi Kebangsaan kepada seluruh peserta upacara.

Menurut Octavian, Presiden RI Kelima tersebut membahas secara lugas nilai-nilai luhur Pancasila dan implementasinya pada kalangan generasi milenial.

“Materi orasi benar-benar menyentuh hati para mahasiswa dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari para dosen serta segenap sivitas akademika Unhan,” katanya.

Octavian menambahkan, harapan besar memang ditambatkan ketika dibukanya strata S1 di Unhan. Belum lagi dengan adanya Menhan dan Presiden RI Kelima yang turut serta mendukung Unhan.

“Harapan besar bagi kami di Unhan untuk terus mendidik kadet mahasiswa sebaik-baiknya dan memenuhi harapan seluruh masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Sekadar informasi, turut hadir dalam rangkaian upacara pendidikan adalah Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasum TNI Letnan Jenderal TNI Joko Supriyanto, Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam, Ketua dan Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Meutya Hafidz dan Utut Adianto.

Kemudian para pejabat Kemenkes, Kemenkominfo, Kemhan, Mabes TNI, Mabes Angkatan, BIN, Polri, BSSN, BNPT, BNPB serta perwakilan dari UI dan IPB. Seluruh orang tua Kadet Mahasiswa S1 dan undangan lainnya juga mengikuti jalannya upacara dan orasi kebangsaan secara virtual tersebut.