DPR Diharapkan Jadi Parlemen yang Aspiratif

Anggota Komisi III DPR Aboebakar Alhabsyi

MONITOR, Jakarta – DPR RI diharapkan menjadi sebuah parlemen yang modern, aspiratif, transparan dan akuntabel ke depannya.

Hal itu diungkapkan oleh Politikus PKS, Aboe Bakar Alhabsyi, dalam rangka memperingati Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) DPR RI yang ke-75 di 2020 ini.

“Selamat HUT DPR RI ke 75, semoga dengan peringatan hari lahir ini akan membawa semangat untuk menjadi sebuah institusi parlemen yang modern, aspiratif, transparan dan akuntabel. Untuk mencapai kondisi ideal itu tentunya tidak mudah, perlu ada komitmen yang tinggi dan integritas yang baik dari seluruh unsur pendukung di DPR,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Pada era pandemi seperti ini, pria yang akrab disapa Habib itu mengatakan bahwa tantangan DPR RI semakin berat dalam menjalankan tugas-tugasnya ke depan.

“Misalkan saja untuk tetap mengakomodasi aspirasi publik dalam pembahahan-pembahasan RUU yang sedang dijalankan oleh DPR. Jangan sampai pembahasan RUU tetap jalan tanpa mendengarkan aspirasi masyarakat,” katanya.

Disisi lain, Anggota Komisi III DPR RI itu menyebutkan bahwa saat pandemi seperti sekarang ini, kondisi masyarakat sedang prihatin dan mereka sedang mengalami resesi.

“Karenanya banyak yang fokus mengatasi persoalan perekonomian keluarga. Sangat tidak laik jika dalam kondisi seperti ini kita membahas hal-hal yang berkaitan dengan persoalan strategis non Covid-19,” ujar Habib.

Habib menambahkan, dalam peringatan HUT ke-75 ini, DPR perlu merefleksi kepentingan rakyat yang harus diutamakan. Sehingga, menurut Habib, kerja-kerja parlemen dapat difokuskan untuk meringankan beban rakyat.

“Kita perlu fokus sinergi dengan pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk mengatasi Covid-19 dan resesi ekonomi. Seharusnya pembahasan persoalan sensitif seperti RUU Cipta tidak dilaksanakan di tengah situasi pagebluk seperti ini,” ungkapnya.