Fadli Zon: Hadirnya KAMI Buktikan Masih Ada Civil Society

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon (dok: Twitter)

MONITOR, Jakarta – Munculnya gerakan masyarakat yang mengatasnamakan sebagai Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) pimpinan Din Syamsuddin, tampak membuat sebagian besar kalangan gelisah. Kelompok ini dituding memiliki motif politik untuk menggulingkan pemerintahan Joko Widodo.

Politikus Gerindra Fadli Zon pun menyadari kemunculan KAMI terus memancing beragam komentar hingga hari ini.

“Saya melihat apa yang disuarakan KAMI sebenarnya hanya meneruskan kegelisahan masyarakat saja. Bagaimanapun, kekuasaan memang butuh diawasi dan dikritik,” kata Fadli Zon dalam keterangannya, Sabtu (29/8).

Wakil Ketua Umum DPP Gerindra ini mengatakan, hadirnya KAMI justru menunjukkan masih ada ‘civil society’ di Indonesia. Menurutnya, kehadiran KAMI justru harus disyukuri.

“Hal ini patut disyukuri. Sebagai anggota parlemen, saya bahkan melihat kemunculan kelompok oposan di luar parlemen seperti KAMI ini merupakan hawa segar bagi “demokrasi” yang makin sumpek,” ungkap mantan Ketua DPR RI 2014-2019 ini.

Menurutnya, selain membantu mengkritisi pemerintah, kehadiran KAMI juga turut membantu parlemen, juga partai politik, dalam hal otokritik. Kemunculan KAMI juga menunjukkan ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam fungsi parlemen, partai politik, pers dan institusi-institusi pilar demokrasi lainnya.