Minggu, 5 Desember, 2021

Ganjar Minta Petani Tembakau Urungkan Niat Kepung Istana

MONITOR, Temanggung – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta ratusan petani tembakau di Kabupaten Temanggung mengurungkan niat untuk melakukan demo di Istana Negara, pada Kamis (27/8) besok.

Diketahui, petani tembakau ini ingin menuntut pemerintah segera memberlakukan peraturan pembatasan importasi tembakau dan meningkatkan pembelian tembakau nasional. Para petani juga menuntut pemerintah tidak menaikkan cukai rokok, karena kebijakan tersebut sangat berdampak pada nasib petani tembakau.

Mendengar rencana tersebut, Ganjar pun bergegas datang ke Temanggung seraya membujuk agar petani tidak melancarkan niat untuk berangkat ke Jakarta. Selain itu, orang nomor satu di Jawa Tengah ini mengecek sejumlah pabrik rokok besar di lokasi itu dan memastikan tembakau petani terbeli.

Dalam pertemuan yang digelar pada Selasa, 25 Agustus 2020 ini, Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), Agus Parmuji menyampaikan kepada Ganjar selama ini regulasi pusat tidak memihak pada petani, khususnya petani tembakau. Terkait regulasi pembatasan impor tembakau, meski sudah dibuat aturannya, namun belum dilaksanakan sampai saat ini.

- Advertisement -

“Belum lagi kami mendengar akan adanya revisi terkait peraturan itu yang kami nilai semakin menyulitkan petani. Makanya kami sudah sepakat, berangkat ke Jakarta untuk aksi mengepung istana,” terangnya.

Dengan ketidakpastian itu, para petani tembakau lanjut Agus, khawatir peristiwa tahun lalu terjadi lagi. Disaat petani sedang panen raya, pemerintah justru mengumumkan kenaikan cukai rokok.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER