Gandeng Puskesmas, Yonif 125 Gelar Posyandu di Kondo

Satgas Yonif 125/Si’mbisa menggelar posyandu di Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Merauke, Papua, Senin (24/8/2020). (Dok. Yonif 125/Si’mbisa)

MONITOR, Merauke – Bekerjasama dengan Puskesmas Naukenjerai dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Kondo dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, Satgas Yonif 125/Si’mbisa menggelar pos pelayanan kesehatan terpadu (posyandu) bagi masyarakat perbatasan RI-Papua Nugini (PNG).

Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi, mengungkapkan bahwa kegiatan posyandu yang dilaksanakan pada Senin (24/8/2020) itu melibatkan empat personel Satgas dari Pos Kondo dipimpin Serda Agus Rinto Sitinjak bekerjasama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Naukenjerai dan Pustu Kondo bertempat di Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Merauke, Papua.

“Keikutsertaan Satgas dalam kegiatan ini sebagai wujud kepedulian dan perhatian  terhadap kesehatan warga perbatasan sekaligus juga mempererat tali silaturahmi dengan dinas terkait,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Lebih lanjut, Anjuanda mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan meliputi pelayanan umum kesehatan kepada masyarakat, pemeriksaan ibu hamil, pemeriksaan balita dan pelayanan terhadap warga lanjut usia (lansia).

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga perbatasan khususnya anak-anak dan balita,” katanya.

Menurut Anjuanda, personel Satgas selain bertugas menjaga wilayah perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain, di antaranya membantu kesulitan warga sebagai perwujudan dari kegiatan pembinaan teritorial.

“Diharapkan melalui kegiatan ini akan tercipta hubungan tali silaturahmi yang harmonis antara anggota Satgas dengan warga di perbatasan,” ujarnya.

Kehadiran Satgas di Kampung Kondo ini juga mendapat apresiasi yang positif dari warga, seperti yang disampaikan Elisa Mbanggu (47), Kepala Kampung Kondo yang mengucapkan terima kasih kepada Satgas atas pelayanan kesehatan ini. 

“Selain pelayanan kesehatan, selama ini Satgas juga selalu hadir dan aktif dalam setiap kegiatan di kampung ini. Kami sungguh senang kehadiran Satgas selain memberi rasa aman, juga ikut serta dalam kegiatan sosial seperti yang dilaksanakan kali ini,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Any R.S. Koibur (32), petugas kesehatan Puskesmas Naukenjerai yang mengatakan bahwa keikutsertaan Satgas dalam pelayanan kesehatan tersebut makin memudahkan timnya memberi pelayanan kepada warga.

“Apalagi di antara Bapak Satgas juga memiliki kemampuan di bidang kesehatan, sehingga pelayanan yang kita berikan berjalan maksimal. Kami mengucapkan terima kasih atas bantuannya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada warga di kampung ini,” katanya.