Jumat, 19 April, 2024

Sekda Sidoarjo Ditunjuk Gubernur Jatim Jadi Plh Bupati

MONITOR, Surabaya – Sekretaris Daerah Sidoarjo, Achmad Zaini, ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati setelah wafatnya Pelaksana Tugas (Plt) Nur Ahmad Syaifuddin.

“Sementara Plh Bupati Sidoarjo adalah Sekda Achmad Zaini,” ungkap Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam siaran pers yang dikutip MONITOR dari ANTARA, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (23/8/2020).

Khofifah juga menyampaikan bahwa pihaknya segera mengajukan tiga nama kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menunjuk Penjabat Bupati Sidoarjo hingga Pilkada 2020 usai digelar.

Cak Nur, panggilan akrab Plt Bupati Sidoarjo, dinyatakan meninggal dunia Sabtu (22/8/2020) sore pukul 15.30 WIB setelah menjalani perawatan intensif di RSUD Sidoarjo.

- Advertisement -

Almarhum, menurut Khofifah, terkonfirmasi meninggal dunia setelah terinfeksi COVID-19 dan akan dimakamkan sesuai prosedur dan protokol kesehatan.

Cak Nur menjabat sebagai Plt Bupati Sidoarjo awal 2020 menggantikan posisi Bupati Saiful IIlah yang ditahan KPK akibat kasus suap terkait pengadaan proyek infrastruktur di Dinas PUPR setempat.

Khofifah pun mendoakan seluruh amal ibadah almarhum selama hidup diterima Allah SWT dan diampunkan seluruh dosa serta khilafnya.

“Almarhum diberi kelapangan kubur, serta dimasukkan ke surga. Semoga keluarga yang ditinggalkan juga ikhlas dan tabah menerima cobaan ini,” ujarnya.

Khofifah juga menyampaikan duka cita melalui video dan mengatakan bahwa semasa hidup almarhum seorang pekerja yang sangat keras.

“Saya mengikuti pola kerja beliau, terutama yang sangat intensif adalah pada saat pandemi COVID-19. Saya biasa bertelepon dengan beliau, 2-3 kali sehari pada saat terkonfirmasi positif di Sidoarjo mulai naik,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER