Minggu, 1 Agustus, 2021

Hadapi Revolusi Industri, Kadiskominfo Depok Imbau Wartawan Ubah Paradigma Berpikir

MONITOR, Depok – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono, mengingatkan wartawan di untuk mengubah paradigma berpikir, dari pola pikir konvensional ke digital. 

Hal tersebut, menurut Sidik, sejalan dengan perubahan zaman yang semakin pesat, terutama pada era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini.

“Saat ini wartawan harus mengenal karakteristik pembacanya, mereka bukan hanya butuh tekstual namun juga ingin yang simpel tulisan dan gambarnya,” ungkapnya saat menjadi narasumber dalam acara Diklat Jurnalistik dan Pra UKW di Kinasih Resort, Tapos, Depok, Jawa Barat, Sabtu (15/08/2020).

Sidik menjelaskan, perubahan zaman harus dijadikan motivasi bagi wartawan untuk semakin meningkatkan kualitas dan kompetensinya. Dengan begitu, menurut Sidik, kemampuan jurnalistik pewarta tidak akan diragukan oleh masyarakat atau pembaca.

- Advertisement -

Sidik menambahkan, di era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, tantangan media massa adalah media sosial. Sebab, menurut Sidik, mayoritas masyarakat menggunakan media sosial untuk mencari suatu informasi.

“Solusinya hanya satu tingkatan kualitas pemberitaan. Masyarakat biasa tidak bisa membedakan media massa dengan media sosial, kita harus bisa menjamin kualitas berita yang dibuat benar produk pers,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER