Keren! Sosialisasi Ketertiban Lalu Lintas di Depok Gunakan Seni dan Budaya

Sejumlah musisi menghibur penumpang yang melintas di terminal Depok

MONITOR, Depok – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok mempunyai cara unik dalam mensosialisasikan ketertiban lalu lintas (lalin). Yaitu dengan pendekatan seni dan budaya.

“Upaya tersebut merupakan bagian dari inovasi program Joyfull Traffic Management (JoTRAM),” kata Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana kepada wartawan, Selasa (11/08/2020).

Dadang mengatakan, sebelumnya telah diadakan Lomba Kontes Musik Transportasi (K’Mutrans). Yaitu para peserta mengaransemen lagu ‘Hati-hati’ ciptaan Musisi Koko Thole.

“Sekarang, karena pandemi kita sedang merumuskan kegiatan yang akan dilaksanakan. Mungkin nanti dengan lomba cipta lagu,” ujarnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas (Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Erwin Aras Genda mengatakan, pihaknya siap membantu Pemkot Depok dalam mensosialisasikan ketertiban berlalu lintas. Pihaknya sendiri, berencana menggagas sebuah maskot untuk memberi edukasi kepada masyarakat.

“Tujuannya memberikan edukasi secara persuasif. Dengan adanya maskot, diharapkan pesan-pesan lebih mengena terhadap pengguna jalan,” pungkasnya.