Ma’ruf Amin Paparkan Tiga Kunci Pengembangan Green Finance

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin

MONITOR, Jakarta – Green finance, atau pembiayaan berkelanjutan sangat relevan dengan konsep maqashid syariah. Hal ini diungkapkan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Ma’ruf mengatakan ada tiga elemen penting yang wajib diperhatikan suatu perusahaan dalam menerapkan green finance. Pertama, pengembangan atau inovasi produk dan/atau kegiatan yang sejalan dengan penerapan keuangan berkelanjutan

Kedua, pengembangan kapasitas internal masing-masing organisasi. Ketiga, penyesuaian tata kelola organisasi yang sejalan dengan keuangan berkelanjutan yang mencakup struktur organisasi, manajemen risiko, dan standar prosedur operasional.⁣

Lebih lanjut, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) non aktif ini mengatakan, sebuah organisasi harus menghasilkan inovasi guna bertahan ditengah persaingan yang ada.

“Di masa pandemi covid-19 saat ini, inovasi dan beradaptasi adalah kunci untuk survive,” kata Ma’ruf Amin, Senin (10/8).

Ia menambahkan, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah harus disertai dengan pengembangan teknologi digital untuk mendukung seluruh aktivitas ekonomi dan keuangan syariah.