Sandiaga Puji Kehebatan Negara-negara Asia-Eropa Atasi Krisis Pandemi

Politikus Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno/ dok: net

MONITOR, Jakarta – Banyak sektor mengalami transformasi semenjak pandemi terjadi. Tak hanya terjadi Indonesia, fenomena ini juga dilakukan semua negara-negara di dunia, termasuk negara kawasan Asia.

Pengusaha sukses Sandiaga Salahuddin Uno mengakui negara-negara Asia mampu memberikan contoh bagaimana campur tangan pemerintah yang cepat dan tepat berhasil mengendalikan pandemi. Misalnya, Tiongkok dan Vietnam dengan sentralisme politik. Lalu, Singapura dengan satu partai mayoritas.

Sementara Korea Selatan dan Taiwan, yang punya jejak kediktatoran politik dalam sejarahnya, menurut Sandi juga memberi ruang luas untuk kehadiran negara di masa krisis.

“Jepang bisa jadi pengecualian di antara negara-negara Asia Timur tetapi mampu melewati pandemi karena budaya hidup yang sudah mengakar dalam masyarakatnya,” kata Sandiaga Uno.

Sandi juga memaparkan contoh negara kawasan Eropa yang sukses menangani pandemi, seperti Selandia Baru, Jerman dan Finlandia.

“Ternyata kita menemukan contoh sukses lainnya pada negara-negara seperti Selandia Baru, Jerman dan Finlandia. Ajaibnya ketiga negara itu dipimpin oleh perempuan,” puji Sandi.

Diktehaui, Jacinda Ardern berhasil membawa Selandia Baru sebagai salah satu negara yang paling cepat lepas dari Covid-19. Angela Merkel melakukan swap massal yang membuat tingkat kematian di Jerman jauh di bawah Inggris, Italia, Perancis dan Spanyol. Sementara Sanna Marin, perdana menteri Finlandia yang masih berusia 34 tahun, menunjukkan kapasitas luar biasa menghadapi pandemi.