Jumat, 19 April, 2024

Ada Ledakan di Beirut, Dubes RI: Seluruh WNI Aman dan Selamat

MONITOR, Beirut – Ledakan hebat terjadi di Port of Beirut sekitar pukul 18.02 Waktu Setempat, Selasa (4/8). Lokasi port ini diketahui berdekatan dengan Downtown Beirut. Tingkat kehancuran dan kerusakan properti terjadi dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.

Duta Besar RI di Lebanon, Hajriyanto Y Tohari, mengatakan sejauh ini belum ada keterangan resmi penyebab ledakan. Sumber awal menyampaikan analisa bahwa ledakan terjadi di salah satu hangar besar yang menyimpan bahan-bahan rentan meledak yang disimpan di pelabuhan.

“Ada Informasi juga bahwa ledakan besar tersebut berasal dari bahan Sodium Nitrat dalam volume besar yang disimpan di Port. Sodium Nitrat adalah bahan putih yang digunakan utk pengawet makanan dan bisa meledak apabila terkena api,” ujar Hajriyanto dalam keterangan resminya, Rabu (5/8).

Berdasarkan pengecekan terakhir, kata Hajriyanto, seluruh WNI dalam keadaan aman dan selamat. Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI, 1.234 diantaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa.

- Advertisement -

“Satu orang WNI yang sedang di karantina di RS Rafiq Hariri, Beirut, yang tidak jauh dari lokasi ledakan, juga sudah terkonfirmasi aman,” ucap Hajriyanto.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER