Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Polri Tangkap Buron Djoko Tjandra

Buronan Djoko Tjandra ditangkap Polri di Malaysia.

MONITOR, Jakarta – Penangkapan buronan kelas kakap, Djoko Tjandra, di Malaysia menuai apresiasi dari Pemuda Muhammadiyah. Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto menilai upaya Polri tersebut tak lepas dari instruksi tegas Presiden ke Kapolri agar segera menangkap Djoko Tjandra.

“Pemuda Muhammadiyah mengapresiasi langkah Polri yang berhasil menangkap dan memulangkan Djokob Tjandra dari pelariannya,” ujar Sunanto dalam keterangannya, Sabtu (1/8).

Sunanto mengatakan, hasil kerja Polri ini berhasil membalikkan persepsi atau keraguan publik, karena sebelumnya terjadi kasus yang sempat mencoreng nama baik Polri dengan keterlibatan oknum Polri dalam memuluskan pelarian Djoko Tjandra.

“Ditangkapnya Djoko Tjandra tentu saja bukanlah langkah final, tetapi masyarakat tentu saja harus tetap mengawasi proses hukum selanjutnya hingga ke proses peradilan nanti, memastikan penegakan hukum yang tegas terhadap yang bersangkutan dan terutama dalam upaya memulihkan kerugian negara akibat perbuatan yang bersangkutan,” tegas Sunanto.

Lebih jauh, Sunanto mengatakan pihaknya akan terus memantau jalannya proses hukum Djoko Tjandra hingga tuntas.

“Secara seksama saya mengamati proses tibanya Djoko Tjandra ini, tidak ada perlakuan istimewa, secara khusus mengapresiasi Kabareskrim Listyo Sigit sebagai ketua team yang saya anggap telah mengembalikan citra Polri serta penegakan hukum di Indonesia. PP Pemuda Muhammadiyah akan terus memantau proses hukum Djoko Tjandra hingga tuntas,” imbuhnya.