Baru Dibentuk Jokowi, Ini Langkah Konkrit Komite Penanganan Covid-19 dan PEN

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memimpin rapat perdana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

MONITOR, Jakarta – Pemerintah akan melakukan sejumlah program penanganan Covid-19 diantaranya peningkatan surveilance (pengawasan) dengan tes, lacak, kontak, dan isolasi, meningkatkan komunikasi publik secara efektif untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat memimpin rapat perdana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di kantor Kemenko Perekonomian, Selasa (21/7) kemarin.

“Pemerintah juga melakukan penelitian terkait vaksin serta obat-obatan pembentuk anti-bodi dan daya tahan tubuh. Hal ini tentunya ditunjang dengan percepatan kesiapan industri farmasi dan industri kesehatan nasional,” ujar Airlangga Hartarto.

Sementara dari sisi ekonomi, lanjut dia, pemerintah akan melanjutkan stimulus fiskal tahun 2020 dan 2021, percepatan penyerapan anggaran tahun 2020 oleh Kementerian/Lembaga (K/L) maupun Non-K/L dan Pemda, belanja kesehatan kepada produk-produk dalam negeri, serta melanjutkan restrukturisasi UMKM dan korporasi.

“Insya Allah, pemerintah akan terus berupaya mempercepat realisasi penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional,” imbuh Airlangga yang menjabat Koordinator Tim Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.