Pulihkan Ekonomi, Jokowi Beri Modal Kerja Darurat ke Pedagang Kecil

Presiden Joko Widodo memberikan bantuan modal kepada pedagang kecil

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo memberikan bantuan berupa modal kerja darurat kepada sejumlah pedagang kecil di Istana Negara, Senin (13/7). Bantuan ini diberikan dalam rangka meringankan beban bagi sektor usaha terdampak, khususnya usaha mikro dan kecil.

Sebab, pandemi Covid-19 ini tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan saja, tapi juga memengaruhi sektor perekonomian. Sementara itu tak sedikit orang yang mengalami kesulitan karena pandemi ini, mulai dari sektor usaha besar, hingga yang paling kecil sekalipun.

“Saya tahu dengan kondisi pandemi Covid ini usaha Bapak, Ibu sekalian tidak seperti keadaan normal yang lalu. Ada yang omzetnya jatuh lebih dari 50 persen, ada yang keuntungannya biasanya 200 menjadi hanya 50. Saya tahu, saya tahu,” ujar Jokowi.

Jokowi pun mengatakan, kondisi ini tak hanya terjadi di Indonesia, melainkan hampir sebagian besar negara-negara juga mengalaminya.

“Kejadian pandemi Covid ini terjadi di 215 negara, kena semua. Kesehatannya kena, ekonominya juga kena. Yang kena itu tidak hanya yang kecil, yang kecil kena, yang sedang kena, usaha besar juga kena semuanya,” terang Jokowi.