Minimalisir Kasus Covid-19, Jokowi Targetkan Uji PCR 30 Ribu Setiap Hari

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas/ dok: Instagram

MONITOR, Jakarta – Kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia perlu disikapi dengan gerak cepat melakukan pengujian, pelacakan, dan perawatan pasien yang terinfeksi. Hal demikian disampaikan Presiden Joko Widodo kepada anak buahnya.

Pesan ini ditegaskan Jokowi terutama bagi delapan provinsi yang dinilai memiliki angka penularan tinggi, diantaranya yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Papua, dan Kalimantan Selatan.

“Saya menginstruksikan jajaran pemerintah untuk meningkatkan fasilitas kesehatan di rumah sakit seiring dengan melonjaknya kasus positif di sejumlah provinsi itu,” ujar Jokowi tegas, Senin (13/7).

Selain itu, Kepala Negara ini meminta agar pengujian test PCR lebih ditingkatkan dengan dengan menambah jumlah lab yang beroperasi di daerah, serta dukungan mobile lab PCR.

“Saya menargetkan pengujian PCR bisa 30.000 setiap hari,” kata Jokowi.

Adapun pengendalian wilayah perbatasan dan perjalanan serta transportasi antarwilayah harus dilakukan, untuk mencegah mobilitas dan penyebaran yang lebih lanjut perlu terus dilaksanakan dengan ketat.