Samakan Persepsi dalam Atasi Masalah, MUI Depok Sambangi Makodim

Foto: Boy Rivalino

MONITOR, Depok – Komisi Hubungan Antar Umat Beragama (HAUB) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok melakukan kunjungan guna menjalin silahturahmi ke Markas Kodim 0508/Depok, Jumat (10/07/2020).

Kehadiran perwakilan dari MUI Depok tersebut disambut hangat oleh Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj dan jajarannya.

Ketua HAUB MUI Kota Depok, Idrus Yahya mengatakan bahwa kunjungan silahturahmi tersebut dalam rangka menyamakan persepsi dalam menghadapi persoalan-persoalan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia saat ini.

“Khususnya menyikapi mengenai Covid-19 dan juga implikasi terhadap isu RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP),” kata Idrus kepada wartawan di Makodim 0508/Depok, Jumat (10/07/2020).

Idrus mengatakan, dalam pertemuan itu pihaknya bersama Kodim 0508/Depok sepakat untuk tidak memberikan ruang bagi kelompok yang akan menimbulkan kegalauan bagi umat Islam dan umat beragama lainnya, khususnya di kota Depok.

“Alhamdulillah, hari ini kita sepakat tidak akan memberi ruang sedikit pun untuk kelompok yang ingin merubah ideologi,” tegasnya.

Karena itu, kata Idrus, umat beragama harus bersatu untuk memberantas kelompok yang akan merubah ideologi bangsa. Sebab, menurut Idrus, jati diri bangsa adalah jati diri orang yang beragama.

“Jadi tidak ada tempat untuk orang yang tidak beragama atau tidak percaya kepada Tuhan. Kita umat beragama harus bersatu melawan itu, Jangan sampai mereka (komunis-red) kembali melakukan perbuatan melanggar hukum,” ujarnya.

Untuk menyikapi permasalahan bangsa saat ini, lanjut Idrus, dalam waktu dekat pihaknya bersama Kodim 0508/Depok akan mengadakan kegiatan berupa seminar.

“Dalam waktu dengan kita akan mengadakan kegiatan seminar dengan Kodim Depik. Tadi pak Dandim sudah bersedia untuk menjadi narasumber,” katanya.

Terakhir, Idrus mengatakan selain ke Kodim pihaknya juga akan menyambangi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang ada di Kota Depok.

“Sehabis ini kita akan audiensi dengan Kapolres, Kejaksaan, Kemenag. Intinya ke semua unsur Forkopimda kita akan adakan pendekatan,” pungkasnya.

Sementara itu, Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan dirinya sangat menyambut baik niat positif MUI Kota Depok dalam menegakkan Ideologi Pancasila.

Menurutnya, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya kelompok-kelompok tertentu yang bertujuan untuk merubah ideologi bangsa.

Ia juga menegaskan, pihaknya akan terus memonitor sekecil apapun kegiatan-kegiatan kelompok yang berbau radikal di Kota Depok.

“Sampai saat ini belum kita temukan kelompok itu, dan kita akan terus monitor,” pungkasnya.