Jumat, 26 April, 2024

Dukung Evaluasi Kabinet, Politikus PDIP Sarankan Jokowi Ambil Tindakan Terukur

MONITOR, Jakarta – Politikus PDI Perjuangan Darmadi Durianto menilai langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengevaluasi kinerja kabinet Indonesia Maju dalam penanggulangan dampak pandemi Covid-19 sudah tepat.

Melalui evaluasi itu, sambung dia, masyarakat bisa menilai siapa menteri yang benar-benar bekerja untuk rakyat.

“Saat ini kita sedang menghadapi kondisi luar biasa, pandemi Covid-19. Menteri-menteri harus lebih dipecut agar benar-benar kerja untuk rakyat,” kata Darmadi, Senin (6/7).

Menurut dia, kemarahan Presiden dalam rapat kabinet paripurna lalu menunjukkan bahwa kebijakan yang telah digariskan presiden tidak dijalankan oleh para menteri. Darmadi pun menggarisbawahi kinerja menteri yang membidangi kesehatan dan ekonomi.

- Advertisement -

Ia berpandangan, dua kementerian ini tidak menunjukkan performa yang baik dalam menanggulangi pandemi covid-19.

“Menteri di sektor ekonomi dan kesehatan memang perlu dievaluasi. Dua sektor ini yang paling memble,” ucap anggota Komisi VI DPR RI ini.

Lambannya kinerja menteri, lanjut dia, telah mengganggu ritme kerja presiden. Padahal, Presiden ingin segala persoalan diselesaikan dengan cepat, sementara menteri bekerja lambat.

Karenanya, Darmadi mendukung bila Presiden Jokowi mengambil langkah tegas terhadap menterinya, termasuk bila harus mereshuffle kabinet.

“Buat apa ada menteri tapi tidak bisa menterjemahkan keinginan presiden. Ini sangat mengganggu dan harus segera diambil tindakan yang terukur,” kritiknya.

“Untuk kami PDIP mendukung penuh apapun yang akan dilakukan presiden Jokowi termasuk perombakan kabinet,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER