Sabtu, 20 April, 2024

Ketua DPR: Orang Tua Harus Dilibatkan Penuh dalam Pelaksanaan Protokol Kesehatan

MONITOR, Jakarta – Orang tua atau wali murid harus dilibatkan secara penuh dalam pelaksanaan protokol kesehatan di kegiatan belajar mengajar. Hal itu dikemukakan Ketua DPR RI Puan Maharani menanggapi keputusan pemerintah untuk kembali melaksanakan kegiatan tahun ajaran baru 2020/2021.

“Seyogyanya tidak hanya diminta persetujuannya, tetapi orang tua/wali murid dilibatkan secara penuh dalam pelaksanaan protokol kesehatan kegiatan belajar mengajar tatap muka,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (16/6).

Puan menambahkan, protokol kesehatan harus dibuat serinci mungkin dan mudah dipahami semua pihak.

“Orang tua/wali murid wajib melaksanakan protokol kesehatan tersebut dan mengawal pelaksanaannya, terutama ketika siswa berada di rumah,” sebut politikus PDI Perjuangan tersebut.

- Advertisement -

Ia berpandangan, penerapan protokol kesehatan di rumah dan di sekolah merupakan satu mata rantai. Mulai murid berada di rumah, dalam perjalanan ke sekolah, saat berada di sekolah, sampai akhirnya kembali ke rumah.

“Apa yang terjadi di satu titik akan dapat mempengaruhi titik lainnya. Apa yang terjadi di rumah, dapat terbawa ke sekolah dan begitu juga sebaliknya,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Puan juga meminta agar gugus tugas penanganan covid-19 dan Kemendikbud perlu memonitor dan mengevaluasi secara ketat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tatap muka di zona hijau. “Agar sekolah tidak menjadi klaster penyebaran virus Covid-19,” pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER