Rabu, 24 April, 2024

Puan Maharani: New Normal Harus Perkuat Sektor Ekonomi dan Kesehatan

MONITOR, Jakarta – Pemerintah tengah menerapkan kebijakan tatanan hidup normal baru, atau Normal Baru, guna menyelamatkan banyak sektor termasuk ekonomi. Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan, pihaknya ingin pemerintah membuat kebijakan yang rinci terhadap segala sektor agar kegiatan ekonomi tidak mengganggu kesehatan masyarakat.

“Ini penting, karena new normal yang diperlukan Indonesia bukan yang memilih antara ekonomi dan kesehatan, tapi bagaimana keduanya bisa berjalan bersamaan,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (10/6/2020).

Lebih lanjut, ia meminta agar pemerintah memperhatikan kegiatan ekonomi di daerah-daerah khususnya pada pasar-pasarnya karena menurutnya pasar merupakan sektor ril ekonomi.

“Padahal seringkali denyut nadi ekonomi daerah itu bisa terasa di pasar-pasarnya, yang juga menjadi salah satu tempat utama terjadinya interaksi sosial masyarakat sebuah daerah,” ujar Puan.

- Advertisement -

“Maka itu, perhatian pemerintah terhadap penetapan dan penerapan protokol new normal di pasar tradisional sangat dibutuhkan karena pasar tradisional adalah penggerak sektor ril ekonomi rakyat,” lanjut dia.

Ia juga meminta, pemerintah melakukan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan new normal. Disisi lain pemerintah agar terus memantau perkembangan kasus positif Covid-19 yang dilaporkan gugus tugas.

“Kemarin kita mendapat laporan data Gugus Tugas Covid-19 yang menyatakan ada penambahan 1.034 kasus positif corona, angka-angka seperti ini harus dimonitor ketat dan menjadi dasar pengambilan keputusan,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER