Larang Warga Takbir Keliling, Anies: Takbiran di Masjid Dibatasi Lima Orang

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengimbau warganya untuk tak lakukan takbir keliling saat malam Idul Fitri. Bahkan orang nomor satu di Ibu Kota ini meminta orang yang mengumandangkan takbir di Masjid cukup lima orang saja.

“Kepada masyarakat untuk mengumandangkan takbiran di Masjid hanya di batasi lima orang saja. Bahkan saya mengimbau untuk tidak takbiran keliling, takbiran cukup dilakukan di rumah saja,” ujar Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (22/5).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, takbiran di rumah bersama keluarga akan menjadi moment yang sangat berkesan di kemudian hari.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Insya Allah ini menjadi tempat dimana para orang tua memimpin memandu keluarganya menggabungkan kalimat takbir Insyaallah rumah kita adalah tempat kita bertakbir yang akan menjadi pengalaman mengesankan bagi semuanya,” jelas dia.

“Biarkan takdir itu bergema di tiap hati, tiap rumah yang ada di kawasan Jakarta ini,” sambungnya.

Anies pun kembali mengingatkan, pada warga untuk tidak melaksanakan ibadah salat ied di masjid dan di lapangan. Hal itu menurutnya, berpotensi menyebarkan virus corona lantaran akan ada kerumunan.

Tak hanya salat, Anies juga mengimbau kepada masyarakat tidak keluar rumah sebelum lebaran, saat lebaran, dan setelah lebaran.

“Artinya jangan sampai kita melonggarkan diri, melupakan kedisiplinan yang sudah kita jaga dua bulan, supaya kita tidak harus kembali pada situasi di bulan Maret, hari hari kedepan tetaplah berada di rumah, jadi itu pesan pertama tetap berada dirumah,”pungkasnya

Seruan takbiran di Masjid hanya lima orang itu juga diserukan juga oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta KH Ma’mun Alayubi.