Jumat, 19 April, 2024

Pemprov DKI Siapkan Bilik Isolasi Khusus ODP Selama Masa Inkubasi

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan ruang bilik isolasi mandiri di Gedung Kesenian Tanah Abang, Jakarta Pusat. Rencananya, bilik isolasi ini akan digunakan untuk menampung Orang Dalam Pemantauan (ODP) selama 14 hari masa inkubasi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan, bilik sederhana yang berukuran 2,5 x 2,5 meter tersebut berfungsi untuk membantu dalam pencegahan penularan Covid-19.⁣

“Kami di Pemprov DKI menyadari bahwa di Jakarta ini ada perkampungan-perkampungan amat padat, yang kesulitan ruang untuk isolasi mandiri di rumahnya. Karena itu, di DKI saat ini di setiap kelurahan sudah menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri seperti ini bagi penduduk yang dalam ODP atau gejala ringan,” ujar Anies Baswedan usai mengunjungi dan melihat langsung persiapan bilik isolasi mandiri di Gedung Kesenian Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (17/5).

Anies menjelaskan, terobosan bilik isolasi mandiri ini merupakan solusi terbaik agar fasilitas kesehatan lanjutan dapat diprioritaskan sepenuhnya bagi mereka yang bergejala berat Covid-19 dan membutuhkan perawatan intensif.⁣

“Bilik ini merupakan hasil kerja bersama jajaran dan Satgas COVID-19 di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), BUMD Sarana Jaya dan Pemerintah Kota Jakarta Pusat,” terang mantan Mendikbud RI ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER