Jumat, 29 Maret, 2024

Masuk Jatim, Ketua DPD Ajak Kapolda Baru Ziarah ke Sunan Ampel

MONITOR, Jakarta – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengajak Irjen Pol. M. Fadil Imran,  yang baru menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur (Jatim) untuk berziarah ke makam Sunan Ampel di komplek Masjid Ampel Surabaya, Sabtu (9/5) malam. 
Sebelum ke Ampel, Fadil terlebih dahulu bersilaturahmi dan buka puasa di kediaman LaNyalla di kawasan Wisma Permai, Surabaya. 
“Jawa Timur ini bumi para wali, salah satu epicentrumnya ada di Surabaya, Sunan Ampel. Lebih baik kalau mereka yang masuk Jatim, ziarah dulu ke makam Sunan Ampel,” kata LaNyalla dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/5).
“Karena itu semalam saya ajak pak Fadil ke sana. Absen dulu ke epicentrumnya Surabaya,” tambahnya.
Sebelum memasuki komplek pemakaman, Ketua DPD dan Kapolda memberi contoh kepada masyarakat untuk patuh pada protokol kesehatan yang ditetapkan pengurus masjid, yakni dengan melewati disinfectant chamber.  
Turut mendampingi ziarah ke makam tersebut, di antaranya Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto dan Ketua Kadin Kota Surabaya, M. Ali Afandi, serta Dirintelkam Polda Jatim Kombes Slamet Hariyadi. Kedatangan rombongan tersebut, disambut langsung Ketua Pembina Yayasan Masjid Agung Sunan Ampel, Achmad Hood. Tampak hadir juga pengurus lainnya, Sobahus Surur dan Moch Zainal Abidin.
Fadil mengatakan silaturahmi dirinya ke kediaman LaNyalla sebagai bentuk perhatian dan adat sowan kepada kepada sesepuh dan tokoh masyarakat. 
“Apalagi beliau juga ketua lembaga negara dan tokoh masyarakat dua provinsi sekaligus, yakni Jawa Timur dan Sulawesi Selatan,” ujarnya. 
Menyinggung soal wabah Covid-19, mantan Dirtipid Siber Mabes Polri ini juga meminta masyarakat Jatim untuk mengikuti dan menjalankan apa yang telah diputuskan pemerintah daerah terkait upaya penanganan wabah tersebut. Terutama terkait pembatasan aktivitas dan lainnya.   “Insya Allah saya selaku Kapolda Jawa Timur akan menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya, agar bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan para tokoh masyarakat, sehingga bisa memberi manfaat besar untuk warga Jatim, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19,” ucap pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan 51 tahun lalu itu.
Dalam silaturahmi itu, LaNyalla juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda sebelumnya, Irjen Pol. Luki Hermawan yang telah mengabdi di Jatim dengan baik dan mampu menjaga iklim Jatim tetap kondusif di tahun politik kemarin.
“Semoga Pak Luki sukses di karir berikutnya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER