Kamis, 21 Oktober, 2021

Masa PSBB, Lokataru Ingatkan Beban Domestik Perempuan Makin Besar

MONITOR, Jakarta – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kegiatan masyarakat baik secara individu maupun berkelompok semakin terbatasi. Kondisi tersebut membuat masyarakat harus beraktifitas di dalam rumah.

Direktur Jurnal Perempuan Atnike Nova Sigiro mengatakan, situasi di masa PSBB ini akan membuat beban kegiatan di ranah domestik semakin besar terutama bagi perempuan. Pasalnya, kata dia, perempuan adalah penanggungjawab pekerjaan terbesar di ranah domestik.

“Maka kegiatan domestik ini bebannya (perempuan) nanti semakin besar. Perempuan pada umumnya kan sebagai penanggungjawab pekerjaan di ranah domestik,” ujarnya dalam diskusi ‘Jaring Pengaman Sosial di Masa Pandemi Korona’ yang digelar PSIPP ITBAD pada Rabu (6/5) kemarin.

Pendiri Lokataru Foundation ini menjelaskan, dampak PSBB ini akan berpengaruh pada sektor ekonomi, sosial dan psikologis. Bahkan menurutnya perempuan akan menjadi korban yang rentan mendapatkan beban pekerjaan ketika tidak ada budaya kerja yang adil secara gender.

- Advertisement -

“Ini menimbulkan beban pada rumah tangga, baik pada sektor ekonomi, sosial dan psikologis, dan perempuan adalah aktor yang paling dibebani. Apalagi jika tidak terbangun suatu budaya kerja yang adil secara gender,” terang Dosen Universitas Paramadina ini.

Atnike pun berharap agar Gugus Tugas Covid-19 yang dibentuk pemerintah ini kedepannya bisa memerhatikan para perempuan yang menjadi agen korban terbesar dari dampak pandemi Covid-19 ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER