Ketua DPD Ajak Umat Muslim Lakukan Muhasabah di Bulan Ramadan

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Ist

MONITOR, Jakarta – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattaliti, mengingatkan kepada seluruh umat Islam di Indonesia, untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan memperbanyak ‘muhasabah’.

Mengingat berapa lama kita hidup di dunia ini, tentu sudah banyak hal yang telah dilalui dan semuanya berlandaskan tujuan atau keinginan yang tercapai. 

Namun, tidak semuanya sesuai dengan harapan, karena semua itu merupakan bagian dari kehendak Allah SWT dan kita sebagai hamba-Nya sudah sepatutnya berusaha dan bertawakal.

“Maka dari itu agar aktivitas kita tetap di jalan yang istiqamah kita harus menyempatkan diri untuk senantiasa melakukan muhasabah atau dengan kata lain introspeksi diri, terhadap segala aktivitas yang telah dan akan kita laksanakan. Muhasabah adalah bagian dari mengevaluasi diri,” kata LaNyalla dalam keterangan tertulisnya,  Jumat (1/5).

Ia mengatakan, muhasabah sudah sepatutnya wajib dilakukan. Karena sejatinya, jiwa manusia senantiasa memperturut hawa nafsu dan tidak dapat dipungkiri mengarah kepada keburukan. 

“Maka dari itu sungguh sangat merugi seseorang yang mengabaikan muhasabah melainkan menuruti hawa nafsunya,” sebut dia.

Dalam kesempatannya itu pula, LaNyalla mengingatkan akan pesan Nabi Muhammad SAW dalam salah satu hadisnya tentang lima perkara sebelum datang lima perkara lainnya. 

“Pesan Nabi Muhammad SAW yang perlu kita renungi adalah manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu,” papar dia.

“Dan masa kayamu sebelum miskinmu, masa longgarmu sebelum masa sempitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum datang kematianmu,” pungkasnya.