Sabtu, 27 April, 2024

Buka Puasa dan Tarawih di Rumah, Anies: Mirip Zaman Nabi

MONITOR, Jakarta – Pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda negeri ini, mengharuskan semua umat muslim melaksanakan ibadah puasa dan sholat tarawih di rumah.

Melihat fenomena ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut bahwa momentum Ramadhan tahun 2020 atau 1441 Hijriah kali ini mirip seperti zaman Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah puasa dahulu. Salah satu contohnya seperti melaksanakan salat tarawih dan buka puasa di rumah.

“Ramadan kali ini mungkin mirip dengan ramadhan pada saat Nabi besar Muhammad SAW. Pada saat itu, semua tidak dikerjakan di masjid. Sempat tarawih di masjid, tapi kemudian tarawih di rumah. Buka puasa juga di rumah. Kegiatan peribadatan di rumah. Semua tidak dilakukan di masjid,” ujarnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (22/4/2020).

Menurut dia, dengan adanya pandemi virus corona di wilayah Ibu Kota, maka kesempatan bagi warga Jakarta untuk merasakan suasana puasa ketika zaman Nabi Muhammad SAW.

“Kita mendapatkan kesempatan untuk memasuki bulan Suci Ramadhan di dalam suasana yang mirip dengan suasana itu. Ini kesempatan bagi kita,” ujarnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan ibadah saat ramadan di rumahnya masing-masing. Hal itu demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Mari kita jalankan ibadah di bulan suci ramadhan itu dengan menjaga dan mencegah penularan Covid-19. Tingkatkan peribadatan di rumah. Dan ini sesungguhnya adalah kesempatan untuk mengukur kemampuan kita mengendalikan hawa nafsu, kemampuan kita untuk meningkatkan peribadatan,”pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER