Sabtu, 20 April, 2024

Ditengah Covid-19, Sri Mulyani Ajak Perempuan Indonesia Tiru Semangat Kartini

MONITOR, Jakarta – Dalam momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2020 ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat Indonesia refleksi atas semangat perjuangan yang diwariskan oleh RA Kartini.

Menurut Sri Mulyani, perempuan hari ini harus mencontoh semangat Kartini, meski terhalang adanya imbauan tinggal di rumah saja.

“Hari ini kita harus tinggal di rumah karena Covid-19. Kita dapat mencontoh semangat Kartini – meski di rumah, you can always do good think for your family, your community and your country. Never try to find any excuses to do good things for others,” ujar Sri Mulyani dalam keterangannya, Selasa (21/4).

Dalam konteks pandemi Covid-19 saat ini, Sri Mulyani mengatakan peran perempuan yang bergelut di bidang medis pun harus diapresiasi. Mereka bekerja siang malam menghadapi ancaman Covid-19.

- Advertisement -

“Di garis depan para tenaga medik dokter, perawat, pekerja rumah sakit – memiliki tugas mulia menyelamatkan jiwa manusia dengan resiko jiwa raga mereka sendiri,” kata Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia ini.

Bagi Sri Mulyani, Pandemi Covid-19 memberi kesempatan kepada semua elemen masyarakat untuk mampu menunjukkan kualitas kemanusiaannya. Seperti Kartini, keperempuanannya, pingitannya, dan berbagai halangan adat, sosial kultural tidak menjadi alasan untuk memajukan kaumnya, dan menjadi pahlawan bangsa dan pahlawan kemanusiaan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER