Jumat, 26 April, 2024

Belajar dari Korsel, Politikus Golkar Diah Roro Minta Alat Tes Covid-19 Diperbanyak

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi VII DPR Dyah Roro Esti menyarankan pemerintah Indonesia saat ini belajar dari Korea Selatan, dalam hal penanganan virus Corona (Covid-19). Meski tidak menerapkan kebijakan lockdown, akan tetap negara yang dipimpin Presiden Moon Jae-In itu memperbanyak tes massal.

“Menurut saya kita perlu belajar dari Korea Selatan yang kebijakannya mirip dengan kita, yaitu tidak melakukan lockdown, tetapi mereka melakukan tes massal 10.000 tes per hari,” kata Dyah Roro dalam keterangannya, yang dikutip MONITOR, Sabtu (18/4).

Politikus Golkar ini menuturkan, sekitar 29.9% dari keseluruhan orang yang positif Covid-19 di Korea Selatan adalah orang-orang dengan rentang usia 20-29 tahun, tapi tidak memiliki gejala gejala. Hal ini, menurut Roro, justru menjadi keresahan tersendiri karena potensi dari carrier dan tanpa sengaja memperparah penyebaran virus corona.

Untuk itu, Legislator dapil Jatim X ini berharap pemerintah memperbanyak alat-alat tes Covid-19 dan menyebarkannya secara luas terutama di daerah kawasan zona merah (red zone). Roro mengatakan upaya ini akan membantu pemerintah menekan laju penyebaran virus corona di daerah.

- Advertisement -

“Saya sangat berharap agar jumlah test kit dalam negeri ini dapat diperbanyak lagi dan bisa disebar khususnya di daerah-daerah yang tergolong red-zone, tentunya dibantu dengan pemerintah daerah, agar penyebaran Covid-19 tidak semakin parah dan penanganannya bisa tepat sasaran,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER