Kamis, 29 Juli, 2021

KRL Tetap Beroperasi, Politikus Demokrat: PSBB Akan Sia-sia

MONITOR, Jakarta – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta akan sia-sia jika operasional Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line tetap beroperasi. Hal itu disampaikan Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, menanggapi usulan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk menghentikan sementara operasional KRL, kepada awak media, di Jakarta, Jumat (17/4).

“Ya pasti sia-sia, kalau KRL masih beroperasi,” tegas Irwan.

Ia mengatakan, seharusnya pemerintah pusat dan daerah juga menyiapkan opsi angkutan umum, sebelum nantinya menghentikan oprasional KRL.

Di sisi lain, Irwan menilai, PSBB sebenarnya tidak efektif menekan penyebaran virus Covid-19, lantaran hanya membatasi ruang gerak masyarakat di luar rumah.

- Advertisement -

“Inilah kelemahan PSBB, karena masih memperbolehkan aktifitas bekerja sebagian masyarakat. Beda halnya jika karantina wilayah, mereka di rumah saja tetapi hidupnya dijamin,” tegas Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) itu.

“Makanya, dari pertama saya teriaknya DKI Jakarta harusnya karantina wilayah, artinya sekaligus moda transportasi itu dihentikan operasionalnya,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER