Dinkes Depok Maksimalkan Peran Puskesmas untuk Tekan Penyebaran Corona

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Upaya pencegahan penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok. Terutama, memaksimalkan peran Puskesmas dalam mensosialisasikan penanganan virus tersebut kepada masyarakat.

“Salah satu fungsi Puskesmas adalah preventif. Untuk itu, kami akan instruksikan tenaga promosi kesehatan (promkes) yang ada di sana agar lebih gencar sosialisasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita usai telekonferensi bersama Asosiasi Dinas Kesehatan (ADINKES), Kamis (09/04/20).

Meski jumlah tenaga promkes di Puskesmas sangat terbatas, kata Nova, pihaknya akan menggandeng unsur kecamatan, kelurahan, TNI dan kepolisian. Hal ini dimaksudkan agar sosialisasi yang diberikan dapat menjangkau seluruh elemen masyarakat.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Menangani wabah Covid-19 ini bukan hanya tugas petugas kesehatan, namun harus didukung semua pihak. Termasuk masyarakat,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, kunci utama dalam menangani wabah Covid-19 adalah menerapkan physical distancing (jaga jarak fisik). Sebab, menurutnya, dengan cara ini dapat mencegah penularan dari orang ke orang.

“Memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bisa dilakukan dengan mencegah penularan dari orang ke orang. Jadi intinya masyarakat harus terapkan physical distancing,” pungkasnya.