Bantu Kebutuhan Alkes di Daerah, DPR Bentuk Satgas Lawan Covid-19

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (dok: Instagram)

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa DPR telah membentuk satuan tugas (Satgas) Lawan Covid-19 dalam rangka membantu menyalurkan alat kesehatan (Alkes) ke ratusan rumah sakit maupun puskesmas di berbabagi wilayah di Indonesia.

Diungkapkan dia, Satgas tersebut dibentuk dari anggota dewan lintas partai dan bertanggungjawab kepada Ketua DPR.

“Tujuan dibentuknya satgas ini adalah menyambungkan pengusaha lokal atau donatur lokal dalam membantu memenuhi kebutuhan rumah sakit atau puskesmas di daerah,”kata Dasco saat peluncuran Satgas Lawan Covid-19, di Gedung DPR, Senayan, Kamis (9/4).

Dasco juga menjelaskan, pembentukan Satgas tidak menggunakan anggaran DPR, tetapi merupakan hasil sumbangan atau iuran para anggota dewan dalam membantu penanganan covid-19 di setiap daerah.

“Satgas ini tidak menerima sumbangan dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk alat kesehatan berupa masker, alat pelindung diri, ventilator dan alat pendukung medis lainnya,” papar politikus Gerindra itu.

Sementara itu, imbuh dia, terkait dengan teknis pendistribusian Alkes, kata Dasco, ditujukan ke 682 rumah sakit yang ditunjuk pemerintah sebagai rumah sakit rujukan penanganan covid-19.

“Kemudian puskesmas yang membutuhkan alat kesehatan. Mereka bisa mengisi formulir yang terintegrasi dengan Kemenkes untuk kebutuhan minimal tiga bulan ke depan,” kata Dasco yang juga menjabat sebagai Koordinator Satgas Lawan Covid-19.

Sedangkan untuk pendistribusian Alkes agar tepat sasaran, Satgas, sambung dia juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Pendistribusian juga dipantau satuan kerja daerah lawan covid-19,” pungkasnya.

Untuk diketahui, bagi rumah sakit rujukan maupun puskesmas yang membutuhkan alat kesehatan, dapat mengisi formulir melalui aplikasi maupun website satgaslawancovid-19.com.