Jumat, 26 April, 2024

Panlih Wagub DKI Prediksi Pelantikan Riza Patria Tak Lebih Sebulan

MONITOR, Jakarta – Panitia pemilihan (Panlih) Wagub DKI Jakarta memprediksi proses penerbitan Surat Keputusan (SK) dan pelantikan Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI tak lebih dari satu bulan.

Ketua Wakil Ketua Panlih, Basri Baco mengatakan, usai rapat Paripurna Pemilihan Cawagub DKI, Panlih langsung bekerja lagi untuk menyusun laporan kepada Pimpinan DPRD DKI Jakarta terkait kemenangan Riza.

“Sekarang sedang kami susun, mungkin besok atau lusa pimpinan DPRD DKI langsung menyerahkan dokumen itu kepada Presiden RI melalui Kementerian Dalam Negeri,” kata Baco kepada wartawan usai melakukan pemilihan Wagub, Senin (6/4).

Baco yakin, proses tersebut tidak lebih dari satu bulan karena berkaca pada SK pengesahan pengunduran diri Riza sebagai anggota DPR RI dari Presiden RI. Kata dia, Riza mendapatkan SK itu dari Presiden sekitar dua pekan.

- Advertisement -

“Kami berpikiran positif saja ke depan, harapannya tidak lebih dari satu bulan itu selesai. Contoh saja, surat pemberhentian Ahmad Riza Patria, dua minggu keluar dari Presiden padahal dalam keadaan wabah Covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya, sosok wagub sangat diperlukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk membantu kerjanya memimpin Jakarta. Diharapkan sosok wagub dapat memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat apalagi saat ini kondisi Jakarta sedang diselimuti kasus virus corona (Covid-19).

Selain itu yang menjadi pertimbangan pimpinan dewan dan panlih untuk menggelar pemilihan ini, kata dia, berkaca pada situasi di pemerintahan daerah yang lain. Dia memikirkan kemungkinan terburuk seperti daerah lainnya, bahwa terinfeksi virus corona.

“Walaupun kami tidak mendoakan (Anies Baswedan positif corona) karena kami melakukan antisipasi. Dan kalau amit-amit itu terjadi, apabila ada
wagub kan bisa ambil kendali. Nah, kalau tidak ada Wagub, siapa yang mau ambil kendali? Terutama yang tahu betul kondisi Jakarta,” ujar Baco.

Diketahui, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria terpilih menjadi pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hal itu diputuskan dalam Rapat Paripurna Pemilihan Wagub DKI Jakarta di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Jalan Kebon Sirih, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER