Jumat, 29 Maret, 2024

Warga Depok Bergejala Mirip Covid-19 Dimita Segera Lapor

MONITOR, Depok – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Devi Maryori meminta masyarakat waspada terhadap penularan virus Corona atau Covid-19. Menurutnya, warga Depok harus waspada terhadap gejala-gejala yang mengarah ke Covid-19, di antaranya sakit tenggorokan, batuk yang terus menerus, pilek, dan demam.

Devi Maryori mengatakan, apabila warga merasa ada gejala Covid-19 disertai dengan riwayat kontak, setelah melakukan perjalanan dari wilayah episentrum, maka harus menghubungi dokter terdekat. Baik ke Puskesmas atau rumah sakit (RS).

“Kalau gejala ringan bisa ke Puskesmas terdekat, namun kalau merasa tidak dapat ditangani Puskesmas bisa langsung ke RSUD Depok,” kata Devi kepada di RSUD Depok, Sawangan, Kamis (2/4).

Dijelaskannya, jika seseorang tidak merasakan gejala apapun atau tanpa gejala ada baiknya langsung isolasi diri. Tentu saja dengan terus meningkatkan daya tahan tubuh, berjemur, minum vitamin.

- Advertisement -

“Kalau ada gejala klinis harus segera ke Puskesmas. Lalu jika gejalanya sudah berat harus dirawat di RS dan akan diobservasi gejala klinisnya,” ujarnya.

Devi mengaku, saat ini RSUD Depok memiliki alat Rapid Test untuk mendeteksi Covid-19. Kalau dalam alat tersebut hasilnya positif akan ditindaklanjuti dengan pengambilan swab.

“Alat Rapid Test ini sementara masih terbatas, jadi hanya untuk orang yang sudah masuk kategori saja,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER