Politikus Nasdem: Larangan Mudik Harus Dibarengi Karantina Wilayah

Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Fauzi H. Amro (dok: istimewa)

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi Nasdem, Fauzi H. Amro, menilai kebijakan pemerintah terkait larangan mudik Lebaran ditengah wabah Corona kurang efektif. Ia menilai, upaya pemerintah itu perlu dibarengi dengan tindakan karantina wilayah.

Karatina wilayah atau lockdown seperti yang diusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sangat efektif untuk melarang mobilitas orang untuk keluar wilayah Jakarta.

“Jadi, mobil-mobil bus jurusan Jakarta akan dihentikan kecuali angkutan logistik, kesehatan, dan enegi. Tidak ada peluang orang untuk mudik ke kampung halaman, sehingga penyebaran virus corona bisa dikendalikan,” kata Fauzi dalam keterangan tertulisnya yang diterima MONITOR, Kamis (2/4).

Dalam kesempatan itu, ia menyayangkan usulan Anies yang ditolak Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan sebagai pelaksana Menteri Perhubungan.

Padahal, dengan usulan karantina wilayah ditolak, akhirnya banyak orang mudik duluan ke kampung halamannya.

“Pemerintah pusat terkesan lebih mengutamakan kepentingan ekonomi ketimbang menyelamatkan masyarakat di tengah wabah Corona.” imbuhnya.

“Pemerintah seharusnya memprioritaskan penyelamatan dan melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari wabah virus Corona,” sebut anggota komisi IV DPR itu.

Fauzi meyakini mengenai kondisi perekonomian akan kembali membaik dengan sendirinya, tentunya bila kesehatan masyarakat terjamin.

“Bagi warga yang sudah mudik duluan untuk tidak menyebarkan virus kepada keluarganya di kampung halaman. Soal kepentingan ekonomi itu akan membaik dengan sendirinya, bila masyarakat kesehatan masyarakat terjamin,” pungkasnya.