Jumat, 29 Maret, 2024

Politikus PKB: Pemerintah Harus Siapkan Perangkat Desa Hadapi Corona

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin menyarankan agat pemerintah memperdayakan semua perangkat desa dalam melakukan upaya antisipasi terkait dengan penyebaran dan penularan virus Covid-19.

Terlebih, sambung dia, jika himbauan pemerintah agar masyarakat menahan diri untuk tidak mudik jelang lebaran tidak berjalan efektif.

“Perangkat desa harus disiapkan untuk menghadapi lonjakan arus mudik warga dari kota ke desa-desa,” kata Yanuar dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/3).

“Kita tidak bisa membayangkan jika lonjakan ini terjadi sementara desa tidak mempersiapkan diri,” tambahnya.

- Advertisement -

Menurut dia, para perantau di berbagai kota saat ini sudah mulai memikirkan untuk pulang ke desa lebih awal. Hal ini, dipicu oleh melambatnya kegiatan ekonomi di kota akibat mobilitas manusia yang dibatasi, pusat ekonomi dan perdagangan yang sepi dan transaksi yang terus menurun. 

Bagi sebagian warga desa, imbuh dia, khususnya yang bekerja atau berusaha di sektor informal perkotaan, jelas situasi ini sangat memukul.

Sehingga, eksodus warga kembali ke desa-desa tentu saja membawa kekhawatiran makin menyebarnya penularan virus corona.

“Pemerintah daerah bisa saja melakukan kontrol ketat untuk memasuki wilayahnya melalui check point di beberapa tempat. Namun langkah ini belum cukup jika pemerintah desa tidak diberdayakan hadapi corona,” ujar politikus PKB ini.
Oleh karena itu, kata dia, yang pada akhirnya para perantau ini tetap akan tinggal di desa-desa, berinteraksi bersama penduduk yang lainnya.

“Tidak ada pilihan, kepala desa dan seluruh perangkat dan para tokoh desa harus dibekali kemampuan menghadapi corona ini. Jangan abaikan kedudukan dan peran penting mereka,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER