Cegah Mudik, Kemenhub Akan Kembalikan Uang Tiket yang Sudah Dibeli

Ilustrasi masyarakat antri di loket tiket stasiun kereta api (dok: google)

MONITOR, Jakarta – Kementerian Perhubungan menekankan para perantau untuk tidak melakukan mudik lebaran tahun ini. Mengingat, dampak virus Corona yang dibawa dari ibu kota justru membahayakan bagi daerah-daerah tujuan.

Di sisi lain, banyak masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket untuk perjalanan mudik. Menyikapi hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan pihaknya akan mengembalikan tiket yang sudah dibeli sebesar 100 persen.

Keputusan ini, kata dia, sudah diputuskan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat yang digelar beberapa waktu lalu.

Widget Situasi Terkini COVID-19



“Menyangkut pembelian tiket, kemarin arahan Pak Menko Maritim jelas dan tegas agar itu dikembalikan dan enggak ada pemotongan,” ujarnya melalui konferensi video di Jakarta, Jumat (27/3).

Ia menjelaskan, pengembalian uang tersebut bisa dilakukan di stasiun, terminal, maupun melalui online. Begitu juga dengan pengembalian tiket pesawat tanpa ada potongan biaya administrasi.

“Sehingga orang juga enggak datang ke stasiun atau terminal tapi online. Contoh tiket kereta dan pesawat Pak Menko minta kembalikan semua, PT KAI sudah mulai penuh refund-nya tapi bertahap,” terang dia.