Kamis, 18 April, 2024

SKK Migas dan KKKS Bantu Ribuan Botol Hand Sanitizer melalui #GerakanSejutaHandSanitizer

MONITOR, Jakarta – Satuan Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) dan beberapa Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) bersama #GerakanSejutaHandSanitizer mendistribusikan Hand Sanitizer Gratis sebanyak 1.200 botol mulai dari 50 l, 60 ml, hingga 500 ml kepada berbagai lapisan masyarakat. Rabu (25/3/2020).

Gerakan tersebut dilaksanakan melalui kerjasama dengan berbagai organisasi dan komunitas, antara lain: Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia, Tangerang, Forum Alumni Korps HMI Wati Jakarta, Komunitas Gerakan MilleniaI Independen Jakarta, DPP Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta, Komunitas Berbagi Berkat Klaten, Komunitas Penyanyi Jalanan Bogor, Pengurus Masjid Puri Jakarta.

Adapun Hand Sanitizer yang didistribusikan adalah sumbangan dari berbagai perusahaan antara lain: ConocoPhillips Indonesia, Kangean Energy Indonesia, ENI Indonesia, BOB PHE-Bumi Siak Pusako, Produksi Jaringan Arek Ksatria Airlangga dan Jatim for Indonesia dari sumbangan Para Donatur.

Kepala Divisi Formalitas SKK Migas, Didik Sasono Setyadi yang juga inisiator gerakan tersebut mengatakan Gerakan Sejuta Hand Sanitizer dibentuk dan diilhami oleh karena keprihatinan para penggagas terhadap kelangkaan hand sanitizer di masyarakat.

“Gerakan ini murni gerakan masyarakat dan sangat penting untuk membangkitkan kemampuan dan inisiatif mandiri dari masyarakat untuk menjaga ketahanan kesehatannya. Kami bergandeng tangan dengan Pemerintah dan Swasta, serta siapapun yang peduli. Mari bergotong royong melawan corona,” ujar Didik.

Didik menambahkan bagi masyarakat kecil yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas, sangat rentan terhadap penularan Covid-19 namun karena pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tidak bisa bekerja di rumah.

“Mereka memerlukan banyak kontak dengan orang lain. Misalnya Pengemudi Ojek Online, Sopir Angkutan Umum, Bus Kota maupun AKAP, Pemilik/Penjaga Warung Makanan di Terminal / Kaki Lima, Pedagang Pasar, Kurir bahkan Petugas Non Medis Rumah Sakit dan Keluarganya, hingga Para Wartawan,” katanya.

Sebagai informasi, gerakan ini dipelopori oleh Jaringan Arek Ksatria Airlangga (Jaringan yang dibentuk para Alumni berbagai Fakultas dari Universitas Airlangga Surabaya), serta Jatim for Indonesia (JFI) yang merupakan aliansi Lintas Generasi, Lintas Etnis dan Lintas Agama yang diprakarsai oleh Yayasan Alit, dan sudah bergerak di penanganan korban bencana NTB maupun Sulteng.

Pada tanggal 21 Maret 2020 lalu Gerakan ini melalui JFI sudah memulai pendistribusian di Surabaya dan sekitarnya, dan telah berhasil menghimpun 9 000 botol, sedangkan JaKa telah memproduksi sekitar 3000 botol dan keduanya beberapa hari kemudian juga telah menyumbangkan kepada Rumah Sakit Universitas Airlangga yang dirujuk sebagai Rumah Sakit untuk Covid-19.

Kali ini Gerakan Sejuta Hand Sanitizer bersinergi dengan relawan-relawan organisasi-organisasi tersebut di atas bekerjasama dengan SKK Migas dan Kontraktor-kontraktor Kerjasama (COPI, KEI, ENI, BOB PSP-PHE) mulai melakukan delivery untuk distribusi yang lebih luas dan lebih besar lagi ke berbagai daerah Zona Merah.

Sampai saat ini dan ke depan (hingga saatnya nanti), Gerakan Sejuta Hand Sanitizer terus berkomitmen Memproduksi Hand Sanitizer sesuai standar Badan POM dan atau Lembaga Kesehatan yang diakui, dibawah pengawasan Apoteker berpengalaman,
Menggalang donasi berupa dana ataupun Hand Sanitizer jadi dari berbagai pihak yang peduli,

Mendistribusikan sendiri dan atau bekerjasama dengan berbagai lembaga kemasyarakatan dana atau pemerintah, Selain membuat, menerima bantuan dan membagikan Hand Sanitizer Gratis, Gerakan ini juga akan berusaha menggalang bantuan bentuk lainnya diperlukan untuk memerangi Covid-19.

“Distribusi ini bukan yang terakhir, karena dalam waktu dekat akan segera dilakukan lagi distribusi batch kedua dengan jumlah yang Insya Allah lebih banyak lagi” Kata Fryda Lucyana Humas #GerakanSejutaHandSanitizer yang dikenal sebagai Artis Penyanyi Pelantun lagu “Rindu” Karya Eros Djarot.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER