BUMN

Siaga Covid-19, Pertamina Sediakan Hand Sanitizer di SPBU Self-Service

MONITOR, Jakarta – Sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen yang menggunakan pelayanan SPBU mandiri (self service) serta memberikan kenyamanan dan keamanan dari terpaparnya virus Covid-19, Pertamina melalui program tanggung jawab sosialnya membantu penyediaan hand sanitizer isi ulang.

Fasilitas tersebut  diletakkan pada area pulau pompa ataupun di kasir transaksi self-service di 15 SPBU yang memiliki layanan mandiri di wilayah Marketing Operation Region (MOR) III di antaranya DKI Jakarta, Bogor, dan Depok.

Pengisian BBM di SPBU self-service relatif cukup mudah dan menghemat waktu. Di wilayah Jakarta, Bogor dan Depok, SPBU self service lebih banyak diberikan untuk kendaraan roda dua.

Setelah melakukan transaksi melalui kasir, konsumen bisa langsung menuju ke nozzle yang telah tertera dalam struck pembelian untuk selanjutnya mengisikan BBM secara mandiri. 

Melihat alur proses pengisian self-service tersebut, Unit Manager Communication & CSR MOR III Dewi Sri Utami mengatakan, hand sanitizer disiagakan di setiap pulau pompa SPBU self service, sebagai bentuk perlindungan terhadap konsumen akan penyebaran virus COVID-19 dari benda-benda yang paling sering di sentuh. 

“Di SPBU self-service, benda yang paling sering di sentuh banyak orang adalah nozzle saat melakukan pengisian ke kendaraan. Maka kami selalu melakukan pembersihan nozzle secara berkala menggunakan disinfektan, dan menyediakan hand sanitizer untuk dapat digunakan konsumen tepat setelah melakukan pengisian bahan bakar,” jelasnya.

Dewi menjelaskan, penyerahan hand sanitizer ke SPBU di wilayah-wilayah MOR III ini dilakukan bertahap hingga pekan depan. Sebab, cukup sulit mendapatkan produk hand sanitizer di pasaran.

“Kami utamakan di titik-titik yang paling ramai terlebih dahulu. Contohnya di SPBU 34.105.06 di Galur, Jakarta Pusat dengan rata-rata harian 1000 konsumen pengendara roda dua. Selain melalui program CSR, pengadaan secara mandiri juga dilakukan di SPBU Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek juga sudah tersedia. Begitu pula SPBU self-service di wilayah Bandung, Jawa Barat. Kami saling support baik pengusaha dan Pertamina bersama-sama mengantisipasi dengan langkah yang tercepat,” jelasnya.

Lebih lanjut Dewi menambahkan, sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Covid-19, Pertamina juga telah menerapkan aturan baru di area SPBU demi pelayanan BBM agar tetap berjalan normal, dan masyarakat tetap merasa aman dan nyaman ketika membeli BBM di SPBU Pertamina.

“SPBU menjadi tempat publik berlalu lalang. Kami sudah menerapkan prosedur tambahan, seperti penggunaan masker dan sarung tangan bagi operator SPBU, untuk juga menjaga garda terdepan penyaluran energi kami ini,” tambah Dewi.

Harsono, salah seorang warga Kecamatan Senen, Jakarta Pusat yang selalu melakukan pengisian bahan bakar mandiri di SPBU Galur merespon positif langkah Pertamina dalam memperhatikan kebersihan dan keselamatan konsumen.

“Ya bagus lah disediakan hand sanitizer. Saat kita akan isi bensin, petugas kasir memberikan hand sanitizer. Dituangkan oleh petugasnya. Ada juga yang memberikan setelah selesai isi. Kami konsumen harapannya segera normal kembali, biar yang tugas dan konsumen lebih tenang,” pungkas Harsono.

Recent Posts

Komisi I DPR Desak Investigasi Tuntas Penembakan Diplomat Indonesia di Peru

MONITOR, Jakarta - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Sukamta, menyampaikan duka cita mendalam atas…

3 menit yang lalu

Kemenperin: Manajemen Mutu IKM Memenuhi Ekspetasi Konsumen

MONITOR, Jakarta - Kementerian Perindustrian proaktif mendorong pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk terus…

1 jam yang lalu

PB IKA PMII Dukung Langkah Konstitusional Prabowo

MONITOR, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB IKA-PMII)…

3 jam yang lalu

UIN Surakarta Gelar Kelas Penyelesaian Sengketa Pemilu

MONITOR, Jakarta - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta mencetak sejarah…

6 jam yang lalu

Kemenag Dorong Satker Fokus pada Kinerja Berdampak untuk Komunikasi ke Masyarakat

MONITOR, Jakarta - Kementerian Agama mendorong setiap satuan kerja fokus pada kinerja berdampak dan mengkomunikasikannya…

15 jam yang lalu

DPR Lakukan Evaluasi Besar-besaran, Respons Positif Kritik Publik

MONITOR, Jakarta - DPR RI melakukan berbagai upaya pembenahan dalam rangka merespons harapan publik, termasuk…

17 jam yang lalu