Politikus Demokrat: Pemerintah Harusnya Punya Plan Luar Biasa Tangani Corona

Anggota Komisi V DPR RI Irwan (dok: Novrizal/ Monitor)

MONITOR, Jakarta – Politikus Demokrat, Irwan menyayangkan sikap pemerintahan rezim Jokowi- Ma’ruf yang dalam penanganan penyebaran virus Covid-19 disejumlah wilayah Indonesia.

Hal itu terkait dengan perkembangan bahwa hingga Rabu (18/3) pukul 12.00 WIB kasus positif wabah Corona sudah mencapai 227 orang, dengan 19 orang korban meninggal dunia, sejak diumumkan Presiden pada Senin (2/3).

Dengan demikian, sambung dia, Case Fatality Rate (CFR) Indonesia (8,37%), justru mengalahkan Italy (7,94%) dan Iran (6,1%) yang merupakan dua negara yang dianggap paling buruk menangani Corona. 

“Pemerintah sudah terbukti buruk dan lambat sedari awal merespon isu corona. Semua masukan dan kritikan direspon justru secara nilai politis dan ekonomis,” kata Irwan melalui keterangan tertulisnya, Kamis (19/3).

Padahal, ujar Irwan, perintah Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945 sangat jelas dan tegas yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. 

“Pemerintah harus punya plan dan tindakan yang luar biasa terkait penanganan wabah corona agar tidak terus jatuh korban jiwa,” tegas anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Kalimantan Timur (Kaltim) itu.

“Ini warning yang serius bagi pemerintah!” pungkasnya.