Panlih Nyatakan Dua Cawagub DKI Lolos Persyaratan dan Siap Bertarung

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI, Basri Baco yang merupakan Wakil Ketua Panlih Pilwagub DKI

MONITOR, Jakarta – Dua kandidat Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yakni Ahmad Riza Patria, yang diusung partai Gerindra, dan Nurmansyah Lubis yang diusung oleh PKS dinyatakan lolos untuk mengikuti proses pemilihan pada 23 Maret mendatang. Keputusan tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Panitia Pemilihan (Panlih), Basri Baco.

Basri Baco mengatakan, kedua cawagub tersebut dinyatakan lolos bertarung untuk memperebutkan kursi Wagub DKI usai keduanya mengikuti proses wawancara dan verifikasi faktual persyaratan calon.

“Jadi setelah kami lakukan wawancara diantaranya terkait kelengkapan persyaratan calon, kami nyatakan kedua calon ini memenuhi persyaratan,” terang Baco kepada wartawan, Kamis (19/3).

Dengan lolosnya dua cawagub ini dalam mengikuti proses pemilihan Wagub 23 Maret mendatang, Baco memastikan pada awal April nanti, rakyat Jakarta sudah memiliki Wakil Gubernur lagi menggantikan posisi Sandiaga Uno.

Diketahui sebelumnya, Pengamat politik Universitas Negeri Jakarta, Ubedilah Badrun, mengatakan, Panlih bisa melakukan diskualifikasi terhadap calon apabila tidak memenuhi syarat administratif yang sudah ditentukan.

“Disinilah ketelitian dan ketegasan Panlih dalam memverifikasi berkas persyaratan calon diuji. Dimana Panlih harus bisa melakukan diskualifikasi terhadap kandidat yang tidak memenuhi syarat administratif,” ujar Ubedilah.