Komisi IX Dukung Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona

Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) DPP PAN Saleh Daulay

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi IX DPR RI Saleh P. Daulay mendukung rencana pemerintah menjadikan wisma atlet di Kemayoran, Jakarta sebagai tempat alternatif isolasi pasien virus Corona.

Ia menilai pemilihan Wisma Atlet sangat baik, karena tempat tersebut mudah dikosongkan dan dimodifikasi untuk kebutuhan ruang isolasi. 

“Jadi Wisma Atlet sangat cocok, fasilitasnya juga bagus, apalagi kan baru direnovasi,” kata Saleh kepada wartawan, Jakarta, Kamis (19/3).

Penggunaan Wisma Atlet, sambung dia, juga dapat menekan penyebaran virus corona di masyarakat, karena pasien yang terjangkit, tetapi belum tertangani di rumah sakit dapat dialihkan secara cepat untuk diisolasi.

“Semua harus ditangani, tidak boleh ada yang merasa ditinggalkan. Lagian pemerintah sudah berjanji akan memberikan pelayanan maksimal, termasuk biaya pengobatan yang diambil dari APBN,” ucap politikus PAN itu. 

Ia pun meminta, pemerintah perlu mencari tempat lainnya untuk dijadikan tempat isolasi, jika Wisma Atlet tidak mencukupi bagi para pasien. 

“Perlu cari tempat cadangan lainya, kalau Wisma Atlet penuh ada penampungan yang lain,”pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah terus berupaya untuk menambah jumlah rumah sakit rujukan pasien positif corona atau covid-19 .

Rumah sakit milik pemerintah, TNI, Polri, BUMN hingga swasta dikerahkan untuk menghadapi pandemi ini. Bahkan, presiden memastikan wisma atlet di Kemayoran juga siap untuk melayani pasien.