Kamis, 28 Maret, 2024

Hadapi Corona, Ketua DPR: Membutuhkan Kerjasama Semua Pihak

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menghimbau agar semua elemen bangsa untuk bersikap positif dan bergotong royong dalam mengatasi virus Covid-19 berstatus pandemi ini.

Sebab, imbuh dia,  penanggulangan wabah Corona membutuhkan kerja bersama, gotong royong, dari seluruh pihak pemerintah, TNI, Polri, masyarakat, maupun swasta.

“Pemerintah bersama TNI dan Polri bersinergi melalui upaya- upaya  penanganan yang terintegrasi dan terpadu dalam memberikan edukasi, sosialisai, mitigasi, serta penanganan pasien,” kata Puan, di Jakarta, Rabu (18/3).

Sementara itu, masyarakat, sambung dia, mengambil peran dalam ikut menjaga kesehatan diri, kebersihan lingkungan, dan mendukung praktek sosial distance (menjaga jarak antar individu) dan mematuhi protokol penanganan wabah.

- Advertisement -

“Pihak swasta ikut ambil peran dengan mendukung praktik bekerja dari rumah bagi para karyawannya, serta membantu penyediaan fasilitas kesehatan bagi penanggulangan,” papar politikus PDI Perjuangan itu.

Dalam kesempatan itu, Puan juga mengusulkan agar gedung-gedung milik swasta yang tidak terpakai untuk bisa dialihfungsikan sebagai rumah sakit sementara. Khususnya, untuk pengelola rumah sakit swasta.

“Saya mengimbau, sekarang ini saatnya membantu sesama dengan berpartisipasi optimal membantu pencegahan dan penanggulangan Corona,” tegasnya.

“Kami (DPR) meminta pemerintah  fokus menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat, karena menjaga dan menyelamatkan  kesehatan masyarakat sama artinya menyelamatkan ekonomi nasional,” pungkas Puan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER