Sekolah Diliburkan, Komisi X: Jangan Dimanfaatkan Nongkrong di Mall atau Kafe

Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda (dok: detik.com)

MONITOR, Jakarta – Pemerintah terpaksa meliburkan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sementara selama dua pekan kedepan, mengingat penyebaran virus Corona semakin cepat menjalar ke beberapa wilayah.

Meski demikian, Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda meminta agar hari libur sekolah tidak dimanfaatkan untuk liburan. Lebih jauh ia meminta agar orangtua mengawasi kegiatan anak selama berada di rumah.

“Keputusan untuk menghentikan aktivitas belajar mengajar di sekolah maupun kampus merupakan upaya untuk mencegah siswa maupun mahasiswa untuk tidak tertular wabah Covid-19,” kata Syaiful dalam keterangan tertulis, Senin (16/3).

Ia pun mengingatkan, hari libur sementara ini jangan sampai digunakan untuk kumpul-kumpul di cafe atau pusat hiburan, melainkan harus digunakan untuk belajar.

“Jangan sampai situasi ini malah dimanfaatkan untuk kegiatan di luar rumah seperti ke mal, pusat hiburan, atau nongkrong di kafe yang rentan menjadi tempat penularan Covid-19,” tambahnya.

Ia berharap alasan ini disadari oleh orangtua maupun para siswa dan mahasiswa, sehingga tidak memanfaatkan penyelenggaraan KBM di rumah untuk aktivitas lain.

“Kami benar-benar berharap agar mahasiswa dan siswa benar-benar membatasi ruang gerak mereka hingga ada pengumuman lebih lanjut dari pemerintah terkait persebaran wabah Covid-19,” imbuhnya.